Facebook tutup 2,19 miliar akun palsu

Senin, 27 Mei 2019 | 12:35 WIB ET

JAKARTA - Media sosial terbesar dunia, Facebook, menutup 2,19 miliar akun palsu di seluruh dunia sejak Januari hingga Maret tahun ini, naik dari 1,2 miliar akun pada kuartal IV-2018 lalu. Jumlah tersebut adalah yang terbesar dalam satu kuartal. Langkah ini dilakukan untuk membatasi penyebaran hoax, ujaran kebencian, perundungan, penjualan narkoba dan senjata ilegal, hingga konten eksploitasi anak.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, Facebook berkomitmen untuk terus mencari dan menutup akun-akun yang menyebarkan konten berbahaya. Facebook tidak duduk diam menunggu laporan dari masyarakat.

"Mulai tahun depan kami akan secara rutin melaporkan jumlah penutupan akun tiap kuartal. Menurut kami, diskursus ini sama pentingnya dengan melaporkan laporan keuangan," kata CEO Mark Zuckerberg dalam keterangannya.

"Setiap hari, orang-orang di seluruh dunia menggunakan layanan kami untuk mengekspresikan diri dan kebebasan berpendapat adalah suatu hal yang kami anggap sangat penting. Namun, pada saat yang bersamaan, kami juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan dan mencegah bahaya terjadi melalui layanan kami," kata Zuckerberg. kbc3

Bagikan artikel ini: