Lebaran, ruas tol Singosari-Pakis dibuka fungsional

Senin, 27 Mei 2019 | 08:31 WIB ET

SALATIGA, kabarbisnis.com: Pemerintah telah meresmikan ruas Tol Pandaan - Malang, khususnya untuk 3 seksi tol yang meliputi ruas Pandaan hingga Karanglo Singosari.

Untuk mengantisipasi padatnya arus jalan tol selama musim mudik, PT Jasa Marga (Persero) pun memutuskan untuk membuka seksi 4 hingga Pakis secara fungsional per H-10 Lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan, seksi 4 ini akan dibuka ketika mulai terjadi kemacetan di Exit Tol Singosari.

"Penanganan kemacetan, kalau terjadi kemacetan di pertigaan ke Malang sekitar exit tol Singosari, maka mulai mengeluarkan ke tol fungsional (Pakis)," ujar Budi di Malang, Sabtu (26/5/2019).

Ruas seksi 4 dibuka fungsional bersamaan dengan underpass Karanglo yang berada di depan gerbang tol Singosari. Seksi 4 Singosari-Pakis membentang sepanjang 4,75 km, sementara secara keseluruhan,  tol Pandaan - Malang yang keseluruhan terdiri dari lima seksi.

Sebagai informasi, tol Pandaan-Malang memiliki total panjang jalan 38,48 km, di mana tiga seksi yang diresmikan oleh Presiden mencakup seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 km, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,5 km dan seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,51 km. 

Sedangkan untuk seksi 5 Pakis -Malang sepanjang 3,11 km masih dalam tahap konstruksi. kbc10

Bagikan artikel ini: