10 Kuliner asal Pasuruan ini bikin nagih, ada kepiting sampai nasi punel

Selasa, 21 Mei 2019 | 04:16 WIB ET
Nasi Punel khas Pasuruan (istimewa)
Nasi Punel khas Pasuruan (istimewa)

PASURUAN – Pauruan memiliki banyak tempat singgah bagi pemudik untuk menikmati kuliner.  Nama-nama kulinernya banyak yang  unik. Jenis makanan dan cita rasanya sangat "nendang". Dijamin bakal bikin lidah bergoyang. 

"Kuliner Pasuruan itu banyak yang enak.  Silakan cicipi saat mudik atau melintas di Pasuruan,".tutur, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Senin ( 20/5).

Nah, yang penasaran, simak yuk panduan 10 kuliner #pesonamudik2019 asal Pasuruan.

1.    Kepiting Cak Gundul 1992

Menikmati kuliner kepiting tidak hanya soal rasa. Ada juga loh ensasi membuka cangkang dan menghisap daging-dagingnya. Silakan datang ke Warung Kepiting Cak Gundul 1992 kalau penasaran. 

Menu kepiting di Cak Gundul dihargai berdasarkan berat kepiting. Untuk jenis king crab harga yang dipatok sekitar Rp30.000 per ons. Ada juga super jumbo hingga fulljumbo. 

Hidangan pendamping lain juga beragam. Antara lain olahan ikan, udang, hingga sayuran. Kepitingnya berukuran besar. Jadi jangan kaget jika Anda sampai menghabiskan ratusan ribu di sini. Meski begitu, harganya sebanding dengan kelezatannya.

2.    Nasi Punel Hj. Lin

Nasi punel ini terdiri nasi putih yang disiram bumbu Bali. Dalam menu, ada daging empal, otot sapi, tahu bali, tempe mendol, sambel trancam kacang panjang dan serundeng. Setelah itu, dilumuri parutan kelapa yang yang sudah dibumbui dan dibotok. Satu suapan pertama… suapan kedua… Ahhh gila ini enak pake banget!

Bumbu Balinya dicampur sambal trancam rasanya jadi lebih enak. Begitu dicampur dengan serundeng dan kelapa parut yang sudah diberi bumbu dan dibotok rasanya jadi jauh lebih enak lagi. Ototnya empuk dan enak, empalnya gurih dan bumbunya merasuk sampai bagian dalam. Dan tempe mendolnya istimewa.

3.    Rawon Sakinah

Siapa yang tidak mengenal rawon? Kuliner khas Jawa Timur ini memiliki warna kuah yang hitam kelam dengan aroma khas. Rawon Sakinah yang berada di Jalan Kartini no. 80 Bangilan.

Rawon ini disajikan dengan sambal dari cabe dan bawang, serta tauge pendek memberi rasa manis dan gurih. 

Beberapa bumbu yang menjadi teman dalam seporsi rawon seperti kluwek, kemiri, daun jeruk daun salam, sereh, bawang merah disajikan dengan ciamik. Jadi tidak heran, Rawon Sakinah ini dihasilkan dengan yang benar-benar menggugah selera. Rahasia kenikmatan  adanya bumbu rempah yang khas yang dipadukan dengan santan.

4.    Soto Gondrong

Nama yang unik membuat penasaran ingin mencicipi.  Aneka gorengan, sate telur puyuh dan juga tahu sumedang, menjadi menu pembuka.

Kuah berwarna hitam, Rasanya manis. Warna hitam tersebut dari kaldu, jadi kalo ingat Coto Makassar yang butek dan hitam maka seperti itulah warna kuah Soto Gondrong. 

Rasa soto gondrong ini unik berbeda dengan soto ayam yang ada di Surabaya yang kebanyakan berwarna kekuningan.

5.    Rumah Makan Sri

Menu yang ditawarkan ayam kampung. Menu favoritnya Ayam Goreng dan Ayam Panggang Bumbu Rujak. Rasa ayam yang disajikan sangat legit dan nikmat. 

Menu daging juga bisa dijumpai di sini. Ada Botok Daging, Rawon, Sate Kambing Tanpa Gajih dan Sop Buntut. Semua dijamin maknyus.  Tersedia juga beraneka macam sayuran dan sambal.

Menu minumannya juga komplit. Pilihannya hangat dan dingin. Minuman khas yang dapat anda temui di RM Sri adalah Beras Kencur. 

6.    Kupang Lontong Pak Coboy

Kupang Lontong Pak Coboy berlokasi di daerah Pandaan. Menu yang ditawarkan di sini hanya kupang lontong. Seporsinya terdiri dari lontong, tahu, lentho dan juga siraman kuah sedap dengan rebusan kupang gurih. 

Bumbunya juga sederhana. Hanya campuran  gula pasir, cabai, bawang putih, perasan jeruk nipis, serta petis. Selain kupang rebus yang memiliki cita rasa gurih. Menu di sini unik karena lentho yang disajikan diremas terlebih dahulu. Rasanya makin nikmat ketika tersiram kuah sedapnya.

7.    Warung Lesehan Pak Sholeh

Warung ini terkenal dengan menu ayam goreng dan ikan segarnya. Ayam goreng di sini dimasak secara bacem terlebih dahulu sebelum digoreng. Bumbunya dijamin meresap hingga ke tulang. Daging ayamnya terasa manis dan tidak alot. Ditambah dengan sambalnya yang tidak terlalu pedas,  terasa lebih nikmat. 

Setelah selesai, untuk penutupnya ada minuman beras kencur yang bisa dipilih, rasanya lebih mantap dari yang biasa apalagi kalau ditambah dengan es batu.

 Selain ayam goreng, warung ini juga menyediakan gurami goreng/ bakar, pecel lele, tempe/ tahu bacem, tempe penyet, sambal terong dan juga sayur lodeh.

8.    Sate Pak Tawi 

Sate Pak Tawi berada di Pasar Indah. Tepatnya di depan pintu masuk pasar. Berbeda dengan sate biasanya, kuliner ini memiliki dua warna berbeda yaitu putih dan hitam. Cita rasa yang berwarna putih lebih asin tapi tetap bikin ketagihan. Disajikan dengan sambal pedas serta bumbu kacang sangat pas disantap.

Sate manis dan asinnya juara. Masing-masing punya kenimatannya tersendiri. Di samping itu tak perlu takut tidak kenyang karena dagingnya cukup tebal dan bisa pesan porsi yang besar.

Yang penasaran, silakan datang ke Jalan Malabar, Depan Pasar Indah, Tretes, Jawa Timur.

9.    Miraraza

Miraza memiliki menu yang paling istimewa. Ote ote tiram dan masakan chinese foodnya terkenal enak.

Ote-ote Tiram sangat lezat. Harganya ompetitif. Suasananya sangat nyaman.Jadi nggak perlu bingung untuk ngajak buah hati, cocok untuk mengajak keluarga besar.

10.    Rumah Makan Cairo

Nuansa Timur Tengah yang kental terasa dalam semua menu yang ditawarkan. Mulai dari sate kambing, gule kambing, krengsengan, sop Cairo, nasi goreng Cairo serta nasi kebuli/nasi briani sebagai menu khasnya.

Selain itu, ditawarkan pula aneka kue dan jajanan khas dari Mesir seperti kue Mesir Ka’aq, martabak Mesir dan roti maryam. Paling khas yakni susu kambing Etawa yang dikemas di dalam botol.

Rahasia kekhasan makanannya yang terbuat dari kambing menggunakan kambing betina. Tekstur daging yang empuk membuat bumbu-bumbunya mudah meresap, dan tentu saja rasanya lebih nikmat dan gurih. (*)

Bagikan artikel ini: