Deretan tempat kuliner favorit di Garut yang wajib dikunjungi

Selasa, 21 Mei 2019 | 04:03 WIB ET

GARUT – Secara administratif, Garut masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Tak heran, kuliner yang disajikan pun masih dipengaruhi citarasa Sunda. Rasanya yang nikmat, akan membuat lidah Anda terpikat dan berlanjut untuk mencicipi menu-menu lainnya.

“Kuliner Garut akan membuat penggemarnya kembali ke daerah ini untuk berburu hidangan khas yang tersedia di berbagai tempat. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, semua terasa nikmat,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Minggu (19/5).

Diakui Menpar Arief, Garut juga terkenal dengan wisata kuliner favorit. Jadi, jangan terlewatkan makanan asli khas Garut saat mudik ke daerah ini. Anda bisa kunjungi beberapa tempat makan recomended versi #PesonaMudik2019 berikut.

1.    Sate Marangi Pa’ Nur

Sate Maranggi Pa’ Nur cukup terkenal di Garut. Suasananya sangat nyaman, meskipun lokasinya berada di sebelah jalan raya. Bagian belakang terdapat saung dan kolam ikan, dengan tempat makan terdapat lesehan. Dari sisi menu yang dihidangkan, Sate Maranggi Pa’ Nur cukup menggugah selera. Rasanya nikmat, dengan tekstur daging yang empuk. Pecinta kuliner bisa menjumpainya di Jalan Raya Semarang No.119 Tarogong Kidul, Garut.

2.    Nasi Liwet

Menu makan yang satu ini selalu diburu para wisatawan saat mudik. Salah satu hidangan yang wajib kamu coba adalah nasi liwet yang dijual Pak Asep Stoberi. Nasi liwetnya disajikan dalam kastrol dengan aroma rempah yang semerbak. Jika memilih menu paketan, pengunjung akan mendapat nasi liwet dengan beragam lauk. Ada ayam, bebek, ikan, ikan asin, tahu, tempe, sambal, dan juga lalapan. Kunjungi Nasi Liwet Pak Asep Stroberi di jalan Raya Kadungora No.245 Garut.

3.    Soto Ayam Garut

Soto ayam ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Penyajiannya sangat menggugah selera. Kuahnya memiliki citarasa asin dan gurih. Paduan keduanya dihasilkan dari campuran santan kuning pekat dan rempah-rempah pilihan. Salah satu penyedia kuliner ini adalah Kedai Soto Fahri di Jl. Mandalagiri dan Jalan Cimanuk No.297 Garut. Selain memiliki tampilan dan rasa yang nikmat, soto ayam Garut juga ditaburi kacang kedelai goreng dan irisan daun bawang.

4.    Bakso Mang Ano

Sajian ini adalah satu dari sekian banyak kuliner Garut yang jadi favorit masyarakat setempat maupun pendatang. Bakso Mang Ano populer dengan bakso uratnya yang dapat menggoyang lidah. Rasanya demikian gurih, ditambah dengan potongan kulit kepala sapi yang memiliki tekstur empuk. Anda bisa nikmati Bakso Mang Ano di Jalan Raya Cipanas No.23, Langensari, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

5.    Baso Aci (Baci)

Baso aci atau yang akrab sebut baci, merupakan inovasi kuliner yang sedang ngetren. Di Garut sendiri, banyak sekali penjual baso aci yang bisa dicoba, salah satunya Baso Aci Ceu Imas. Kedai bakso yang berada di Jalan Karacak ini menjual seporsi bakso dengan harga Rp25 ribu. Harga tersebut sudah termasuk baso sapi, ceker, tetelan, baso tahu, tahu kering, siomay, dan baso aci. Pengunjung juga bisa meminta pelengkap lain seperti mi dan bihun, irisan daging ayam, saos sambal, serta jeruk limau.

6.    Rumah Makan Cibiuk

Bagi penggemar sambal dan ingin mencoba sambal yang unik, silakan coba sambal Cibiuk. Sesuai namanya, sambal ini berasal dari Desa Cibiuk. Salah satu rumah makan yang menyediakan sambal ini adalah Rumah Makan Cibiuk. Untuk menambah lezatnya, Anda bisa menikmati dengan sajian ikan gurame. Selain itu,  Anda dapat memesan menu lain misalnya pepes peda, tumis genjer, tumis kangkung, tumis toge jambal roti, dan sayur asam. Rumah Makan Cibiuk berada di Jl. Otista No. 321 Garut.

7.    Es Goyobod

Setelah puas menikmati makanan khas Garut, pecinta kuliner bisa menyegarkan tenggorokan dengan Es Goyobod. Minuman yang biasanya dijual di depan alun-alun Garut ini memiliki tampilan yang mirip dengan es campur. Bedanya, minuman ini memiliki potongan tepung aren yang dicampur buah alpukat. Lengkap dengan potongan roti tawar, pacar cina, kelapa muda, kolang-kaling, gula aren. Serta ditaburi parutan es batu dan susu kental manis.

 

8.    Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang beralokasi di parkir objek wisata Candi/ Situ Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut. Rumah makan ini memiliki daya tampung sekitar 250 orang. Merupakan salah satu tempat makan yang cocok untuk mengadakan acara bersama seperti familly gathering. Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup komplit. Menu utama yang diberikan adalah menu makanan khas Sunda.

9.    Mie Bakso Parahyangan

Mie Baso Parahyangan sudah terkenal sejak dulu. Menunya didominasi berbagai varian mie. Mulai dari mie kuah, yamien asin/manis, bihun kuah serta yahun asin/manis. Isian kuahnya juga cukup beragam. Ada baso, pangsit, babat, siomay dan tahu. Ada juga mie/bihun masak dan mie/bihun goreng. Selain mie dan bihun, mereka juga ada nasi tim ayam, nasi goreng, cap cay dan lo cu pan. Mampir saja ke Jl. Ciledug No.35, Regol, Garut.

10.    Kue Balok Maranti

Kue Balok Maranti bisa ditemukan di Jalan Raya Kadungora, Karangmulya, Kabupaten Garut. Konon, kue ini sudah diproduksi mulai tahun 1942. Kue balok adalah hidangan pastry khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, mentega, soda kue, dan susu. Bentuknya mirip kue pukis, namun rasanya agak mirip kue pancong. Saat ini, pembeli bisa memilih kue balok dengan beragam varian, seperti rasa keju, durian, coklat dan kacang. Tapi ada juga kue balok original. (*)

Bagikan artikel ini: