Ini 10 wisata kuliner Jombang wajib dicoba

Selasa, 21 Mei 2019 | 04:00 WIB ET

JAKARTA - Jombang merupakan kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Selain pemandangan alamnya yang indah, Jombang juga memiliki banyak makanan yang unik dan berbeda baik dari komposisi atau resep masakannya. Sangat cocok bila dibawa buat oleh-oleh selama #PesonaMudik2019.

"Bila lewat jangan lupa cicipi makanan khas Jombang," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Berikut ini sepuluh makanan khas Jombang yang makyus rasanya. 

1. Pecel Pincuk Bu Djiah

Pecel Pincuk Bu Djiah ini merupakan salah satu tempat makan kebanggaan warga Jombang. Lokasinya di Jalan Wahid Hasyim 9A Jombang dan kerap disambangi para artis. Mereka senang mampir untuk merasakan pecel yang memiliki bumbu khas ini.

Ciri khas bumbu pecel ini mempunyai rasa yang dominan manis dengan bumbu yang halus dan tidak pedas, akan tetapi buat kamu yang suka pedas bisa di sesuaikan kok, jadi tenang saja. Beberapa sayuran segar bisa kamu temukan di Pecel Pincuk Bu Djiah seperti misalkan saja kecambah, kemangi, kangkung, kembang pepaya, dendhoyo dan daun pepaya. 

2. Nasi Bali Daging

Nasi Bali Daging yang merupakan favorit dari orang Jombang jadi jika kamu kebetulan sedang berada di Jombang kamu bisa mencoba tempat wisata kuliner jombang yang satu ini. Lauk-pauk yang biasanya menyertai hidangan Nasi Bali adalah daging, ayam, telur (rebus maupun goreng), tempe, bahkan tahu. 

Daging yang digunakan dalam Nasi Bali Daging ini khusus yakni pada bagian sanding lamur. Untuk bumbunya terdapat bumbu seperti misalkan saja bumbu cabai dan rempah lho. Rasanya di jamin membuat kamu tergila-gila dan jika kamu tertarik untuk mencicipinya kamu bisa datang ke alun-alun kota Jombang.

3. Ayam Panggang Urap

Tempat wisata kuliner Jombang yang selanjutnya adalah Ayam Panggang Urap yang berlokasi di Jalan Cempaka No. 17A Simpang Tiga, Jombang. Makanan dengan bahan dasar ayam kampung ini sangat gurih dan maknyus rasanya.

Dengan cara memanggang ayam kampung dengan di barengi olesan bumbu khas Ayam Panggang Urap ini akan membuat Ayam Panggang Urap yang merupakan kuliner jobang paling enak ini semakin menarik. 

4. Ketan Merdeka

Selanjutnya tempat wisata kuliner Jombang yang menyajikan makanan yang ajib adalah Ketan Merdeka. Tentu saja makanan berbahan dasar ketan ini sudah sangat populer di Jombang. Biasanya Ketan Merdeka ini sangat ramai pada saat pagi hari dan tentu saja mempunyai manfaat sebagai penambah tenaga buat kamu yang sudah mengkonsumsinya.

Memang Ketan Merdeka ini merupakan wisata kuliner jombang yang menyajikan makanan tradisional. Pada saat proses memasak, ketan di masak bersama dengan santan dengan begitu akan menghasilkan rasa yang gurih. Kamu penasaran? Kamu bisa datang ke Jalan Merdeka Nomor 29 Jombang.

5. Sop Buntut Bakar Bu Henny

Sop Buntut Bakar Bu Henny yang tentu saja merupakan salah satu makanan enak yang ada di Kota Jombang. Sop Buntut Bakar Bu Henny ini sangat terkenal di Jombang karena memiliki rasa khas berkat bumbu rahasia yang di miliki Bu Henny.

Rasanya cukup berbeda dari sop buntut yang lain, cita rasa khas milik Sop Buntut Bakar Bu Henny ini bisa kamu coba. Rumah makan yang terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 45-46, Jombang ini dijamin enak dan lezat, pastinya kamu akan ketagihan dengan Sop Buntut Bakar Bu Henny ini. 

6. Nasi Kikil

Nasi Kikil yang cocok banget nih buat para pencinta makanan berbahan dasar kikil. Makanan Nasi Kikil ini ternyata banyak banget yang memfavoritkan dan cukup ramai lho pengunjung dari tempat wisata kuliner Jombang ini.

Nasi Kikil di Jalan Raya Mojosongo No. 74 Jombang ini telah dicampur dengan bumbu yang enak. Begitu masuk mulut dan dikunyak akan muncul sensasi lezatnya. Lebih nikmat lagi bila makan nasi kikil ini bersama dengan sayur lodeh. 

7. Sate Ringin Contong

Sate Ringin Contong ini merupakan makanan khas Jombang yang dibuat dari bahan daging kambing. Dikenal sebagai Sate Gule Ringin Contong, karena lokasi awalnya dekat Bundaran Ringin Contong (BRC). 

Makanan ini semakin bertambah kelezatannya bila dinikmati sate ini bersamaan dengan sop kambing panas dan nasi hangat yang sudah jadi pasangannya. Sebagai pelengkap makan sate gule, tersedia pula berbagai soft-drink, es juice, es buah segar, es campur, dan aneka minuman segar lainnya.

8. Tahu Pong Gloria

Tahu pong ini menjadi makanan khas Jombang yang bisa menjadi oleh-oleh untuk orang tercinta. Terlihat sama dengan tahu poo dari Kediri bagian tengah dari Tahu Pong juga bisa mengembang atau menjadi kosong. Untuk mengkonsumsinya bisa ditambahkan dengan saus cabe atau cabe mentah dan juga teh hangat. Rasa dari tahu ini enak, gurih dan juga memiliki tekstur yang renyah.  

Tahu pong Gloria ini berlokasi di Sawahan, Jogoroto, Jombang. Berada di pinggir jalan raya antara Mojoagung dan Jombang Kota. Siapapun yang melewati jalan utama arah Jombang kota, pasti akan melewati Pusat Tahu Pong Gloria.  Rugi deh kalau gak mampir.

9. Es Degan Khas Jombang

Es degan sudah menjadi minuman favorit banyak orang. Selain membuat haus hilang juga berkhasiat lantaran dapat mengembalikan elektrolit tubuh. Tentu saja setelah seharian berkeliling Kota Jombang akan terasa lemas sehingga es ini akan menyegarkan.

Jika biasanya es degan akan diberi tambahan rasa sirup gula merah saja, di Jombang kita akan menemukan es degan dengan campuran buah alpukat serta nata de coco untuk isiannya. Untuk rasanya, tentu saja sangat enak dan menyegarkan.

10. Sop Tomyum

Tempat wisata kuliner Jombang yang selanjutnya adalah Sop Tomyum yang tentu saja sangat lezat. Sekedar info saja, ternyata Sop Tomyum ini berasal dari Thailand lho. Akan tetapi makanan Sop Tomyum ini sudah sangat terkenal bukan di Indonesia, rasanya banyak penghobi kuliner yang pernah memanjakan lidahnya dengan makanan Sop Tomyum ini.

Akan tetapi Sop Tomyum yang ada di Indonesia ini sudah di sesuaikan dengan lidah orang indonesia lho, jadi kamu wajib deh untuk mencoba makanan bernama Sop Tomyum ini. Jika kamu tertarik untuk mencicipi Sop Tomyum ini kamu bisa mencoba makanan ini di Jalan Hayam Wuruk Kota Jombang.

Bagikan artikel ini: