BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo targetkan tahun ini sabet Best Service Awards 2019

Minggu, 19 Mei 2019 | 13:02 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo berupaya mendapatkan Best Service Awards di tahun 2019. Untuk itu, BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo melakukan perbaikan dalam berbagai hal, mulai dari peningkatan SDM, proses pelayanan hingga perbaikan gedung dan penataan ruangan.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Guguk Heru Triyoko mengatakan bahwa saat ini BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo tengah berupaya meningkatkan kinerja pelayanan dengan memberikan edukasi sekaligus pemantapan kembali mengenai pelayanan prima kepada seluruh personil dan para tenaga alih daya. Pemantapan BSA juga untuk menjaga kontinuitas implementasi pelayanan prima kepada seluruh peserta.

Dia menjelaskan bahwa melayani dengan baik saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan layanan yang diinginkan oleh peserta. Karyawan dituntut untuk baik. Institusi BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan standar pelaksanaan dan implementasi Pelayanan Prima. Pelayanan Prima adalah bagian dari usaha untuk mewujudkan Visi dan Misi BPJS Ketenagakerjaan.

“Hal ini bisa mendorong dan membentuk budaya pelayanan prima di Kantor Cabang Surabaya Darmo. Selain itu juga untuk menjaga konsistensi pelaksanaan pelayanan Prima, membangun sikap kompetitif yang positif dengan unit lain dan karyawan baik Front Office maupun Back Office dan juga tenaga alih daya. Pada kegiatan cabang Surabaya Darmo ini bertujuan memberdayakan seluruh karyawan turut aktif melaksanakan pelayanan prima,” tambah Guguk.

Guguk menambahkan bahwa kegiatan pemantapan BSA yang dilakukan ini diikuti secara aktif dan partisipatif oleh 40 peserta yang terdiri dari 30 pegawai tetap dan 10  tenaga alih daya. Peserta kegiatan pemantapan BSA diingatkan kembali mengenai sikap, salam dan sapaan prima, komunikasi sesuai script standar pelayanan prima, kontak mata dan ekspresi wajah yang ramah dan penguasaan  substansi program 4 program yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Semua di-refresh kembali tentang pentingnya menjaga Service Level Agreement (SLA), sistem dan prosedur yang berlaku,  tata cara pelayanan klaim, penanganan keluhan (handling complain) dan melayani dengan cepat, tepat dan ramah sekaligus,” katanya.

Yang menarik lagi adalah dihadirkannya team building menarik dengan menggandeng Merapi Indonesia, untuk memberikan materi Bounding Pelayanan Prima Surabaya Darmo. Secara tersirat semua team bounding dan games menjelaskan bahwa melayani adalah bekerja dengan ikhlas dan tuntas, memberikan manfaat kepada orang lain dan sebagai bukti syukur untuk menjadi manusia bernilai. Pelayanan prima adalah karya dan sumbangsih bersama.

Pada siang hari, peserta diberikan Handsome and Beauty Class bekerja sama dengan Marta Tilaar Cosmetics guna menunjang penampilan dalam melayani peserta. Acara ditutup dengan ceramah agama dan buka puasa bersama.

Perlu diketahui sampai dengan April 2019, kepesertaan Perusahaan aktif  BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo adalah 5.171 perusahaan. Total tenaga kerja aktif untuk Penerima Upah (PU) sebanyak 135.020 tenaga kerja, untuk tenaga kerja aktif yang Bukan Penerima Upah  (BPU) sebanyak 8.763 tenaga kerja dan total Proyek Jakon aktif 364 proyek, ujar Guguk.

Guguk menjelaskan bahwa sampai dengan April 2019 Cabang Surabaya Darmo telah membayarkan 6.210 klaim dengan total Rp. 69,45 milar. Pembayaran tersebut terdiri dari 4.975 klaim JHT sebanyak Rp. 62,30 miliar, 48 klaim JKM sebanyak Rp. 1,42 miliar, 880 klaim JKK sebanyak Rp. 5,50 miliar  dan 307 klaim JP sebesar Rp. 215,05 juta.

Guguk mengatakan bahwa BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan. Selalu memberikan inovasi dan perubahan diri kepada hal yang jauh lebih baik. Pemantapan meraih BSA merupakan salah satu bukti nyata BPJS Ketenagakerjaan siap memberikan Layanan Prima untuk kehidupan pekerja yang sejahtera. kbc6

Bagikan artikel ini: