Banyak orang berburu rumah di internet saat sahur

Selasa, 14 Mei 2019 | 09:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Di sela menjalani ibadah puasa, ternyata sebagian masyarakat Indonesia memilih browsing properti di internet. Terbukti, pencarian rumah atau properti lewat internet tercatat mengalami peningkatan di tiga waktu tertentu di bulan Ramadan.

Head of Real Estate Category OLX Indonesia, Ignasius Ryan Hasim menyebut, ketiga waktu yang mengalami peningkatan itu antara lain setelah sahur, saat jam makan siang serta setelah tarawih.

"Di bulan Ramadhan, calon pembeli mencari rumah saat setelah sahur, siang hari saat istirahat makan siang dan setelah tarawih. Ini kami melihat ada lonjakan," katanya dalam paparan di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Ignasius menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun dari jejak pencarian di e-commerce itu, dibandingkan pencarian calon pembeli pada 30 April 2019 atau sebelum Ramadhan dengan 7 Mei 2019 atau setelah Ramadhan. "Hitungan kasar, saat Ramadhan, pencarian mencapai hingga 70 ribu pencarian. Itu di jam 04.00-04.30 atau setelah sahur," katanya.

Jumlah pencarian itu, naik hingga hampir tiga kali lipat dibandingkan pencarian di jam yang sama sebelum Ramadhan yang hanya mencapai 25 ribu pencarian. "Peningkatannya hampir tiga kali lipat, ini yang paling signifikan," kata Ignasius.

Sementara itu, pencarian properti juga mengalami peningkatan di jam makan siang selama bulan Ramadhan. "Peningkatannya dari hari biasa sekitar 125 ribu pencarian menjadi 140 ribu pencarian," katanya.

Sedangkan pencarian paling tinggi terjadi di waktu setelah tarawih sekitar pukul 20.30 dari hari biasa sekitar 140 ribu menjadi 150 ribu pencarian. "Jumlahnya memang paling tinggi setelah tarawih tapi peningkatan paling tinggi setelah sahur," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: