Puncak arus mudik Lebaran diprediksi terjadi 31 Mei

Sabtu, 4 Mei 2019 | 10:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemhub) memperkirakan puncak arus mudik 2019 akan terjadi pada 31 Mei. Hal ini berkaitan dengan masa libur Lebaran yang ditetapkan.

Melihat itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengimbau masyarakat untuk melakukan manajemen waktu. Menurutnya, akan lebih baik bila pemudik menghindari melakukan perjalanan pada 31 Mei. 

Dia menambahkan, pemudik bisa memilih antara tanggal sebelum atau sesudah 31 Mei.

"Kan ada libur sebelum Lebaran, jadi dari tanggal 30 Mei sampai 4 Juni, ada enam hari. Kalau mereka tidak menumpuk dalam satu hari, praktis kemacetan tidak terjadi," ujar Budi, Jumat (3/5).

Tak hanya itu, Budi menyarankan agar masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan umum, dan menghindari penggunaan sepeda motor selama mudik. Tujuannya, supaya tingkat kecelakaan dapat ditekan. "75% kecelakaan selama mudik itu karena sepeda motor," ujar Budi.

Budi pun menyarankan supaya pemudik tetap menjaga kecepatan laju kendaraan yang digunakan menjadi kurang dari 100 km/jam.

Ia meyakini mudik tahun ini akan berjalan lebih baik dari sebelumnya mengingat jalan tol dan infrastruktur sudah lebih baik tahun ini. kbc10

Bagikan artikel ini: