Permudah UMKM akses modal, Jamkrindo rilis aplikasi ini

Selasa, 30 April 2019 | 08:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Hingga kini belum banyak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bisa mengakses permodalan dari lembaga keuangan. Sadar akan hal ini, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) meluncurkan aplikasi dan situs web marketplace guarantee bernama UMKM Layak. Platform ini bertujuan mempermudah UMKM mendapatkan modal dari lembaga keuangan mitra Jamkrindo.

"Banyak penyaluran kredit yang salah sasaran, oleh karenanya kami sekarang berinovasi melakukan kolaborasi penjaminan tidak langsung dan penjaminan langsung dengan UMKM Layak," ujar Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo Amin Mas'udi di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Amin menjelaskan, pelaku UMKM bisa memanfaatkan UMKM Layak yang dapat diakses melalui laman umkmlayak.co.id hanya dengan mendaftarkan diri dan data usaha di situs web.

Setelah itu, Jamkrindo akan melakukan penilaian dengan mengintegrasikan metodologi Jamkrindo Scoring (Jscore), psikometrik, lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP) dan data NIK. Setelah dinilai layak, Jamkrindo akan memberikan jaminan dan mengirim data UMKM ke lembaga perbankan.

Keuntungannya, pemilik UMKM memiliki nilai tawar yang lebih tinggi. Sementara bagi pihak perbankan, platfotm ini dapat menjadi referensi untuk menemukan calon debitur kredit yang memang layak diberi modal. kbc10

Bagikan artikel ini: