Bareng IKI, Dok dan Perkapalan Surabaya garap tug boat Pelindo I senilai Rp135,8 miliar

Kamis, 25 April 2019 | 12:08 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS) bekerja sama dengan PT Industri Kapal Indonesia (Persero)/IKI menggarap dua tug boat bagi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I dengan nilai kotrak sebesar Rp135,8 miliar. Pembuatan awal kapal/First Cutting tug boat ini salah satu upaya DPS dalam mengejar target kontrak tahun 2019 ini senilai Rp 400 miliar.

Direktur Utama DPS Bambang Soendjaswono memperkirakan pendapatan yang akan diraih DPS bisa dua kali lipat dibanding capaian 2018. 

"Pendapatan DPS tahun 2019 kami yakin dapat mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Karena tahun ini ada penyerapan pendapatan dari tahun lalu, " kata Bambang sesaat setelah first cutting tug boat milik Pelindo I, Selasa (23/4/2019).

Selain itu, setelah ini, lanjutnya akan ada pembuatan kapal lainnya yang bekerjasama baik dengan BUMN maupun swasta. Dan juga beberapa pemeliharaan dan perawatan kapal Pelni dan ASDP.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT IKI Edy Widarto mengatakan, proses pembuatan 2 tug boat ini melibatkan IKI dan DPS secara bersama-sama. Dipilihnya Surabaya sebagai tempat pengerjaan, karena supaya lebih efiaien.

"Biar klien (Pelindo I) tidak bolak balik ke Surabaya, juga ke Makassar guna melihat progres pembuatan tug boat-nya," ujarnya. 

Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana, pada tempat yang sama, mengatakan pihaknya saat ini meningkatkan kerja sama dengan BUMN lainnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sinergi BUMN dan dapat mendorong produk dari dalam negeri sendiri.

“Tahun ini kita lebih fokus untuk mengimplementasikan sinergi BUMN. Pemesanan kapal tug boat ke galangan ini akan menjadi prioritas,” kata Bambang.

Kerja sama pembuatan kapal sendiri merupakan salah satu upaya Pelindo untuk meremajakan kapal di pelabuhan dengan prospek bisnis yang baik. Dua tug boat pesananannya ini nantinya akan dioperasikan di Dumai. Kapal yang rencananya akan selesai dalam 17 bulan ini memiliki kapasitas 1.800 HP. kbc9

Bagikan artikel ini: