Menhan: Kapal Selam Alugoro bakal perkuat pertahanan RI

Kamis, 11 April 2019 | 18:27 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu menegaskan bahwa keberadaan kapal selam hasil karya anak bangsa, kapal selam Alugoro, akan memperkuat pertahanan Indonesia.

"Kapal Selam Alugoro merupakan alutsista modern berteknologi canggih terkini. Kehadirannya diharapkan mampu memperkuat TNI Angkatan Laut untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Ryamizard, saat peluncuran kapal selam ketiga di Dermaga Kapal Selam, PT PAL Indonesia, Surabaya, Kamis (11/4/2019).)

Menurut penuturannya, pertahanan Indonesia saat ini menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dan masuk urutan ke-10 besar dunia. Dengan penambahan kapal selam Alugoro ini diharapkan mampu lebih meningkatkan posisi ketahanan Indonesia di mata dunia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh menyatakan bahwa pembangunan kapal selam ketiga ini adalah hasil kerjasama dengan Pemerintah Korea Selatan melalui Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co.Ltd (DSME) yang didanai melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,5 triliun dari pengajuan awal Rp2,5 triliun. 

“PT PAL telah mengirimkan lebih dari 206 putra dan putri terbaik Indonesia untuk mengikuti  proses Transfer of Technology (TOT). ke Korea Selatan. kbc6 

Bagikan artikel ini: