Danamon rilis pembiayaan pemilikan rumah syariah

Sabtu, 6 April 2019 | 08:25 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui Unit Usaha Syariah meluncurkan produk Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah (PPR Syariah) Akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ).

Program ini dilangsungkan pada acara pembukaan Expo Perbankan Syariah “iB Vaganza Balikpapan” yang digelar di Mall Ewalk Balikpapan.

Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto mengatakan, PPR Syariah dengan Akad MMQ ini dapat digunakan untuk pembiayaan properti rumah, ruko atau rukan baru ataupun second, properti indent, pembiayaan kavling siap bangun dan juga pembiayaan multiguna (KMG). PPRS MMQ ini juga dapat digunakan untuk pembiayaan refinancing atau take over. 

Dipaparkannya, Akad Modal Bersama (Musyarakah Mutanaqisah/MMQ) adalah pembiayaan dengan skema kerja sama modal untuk pembelian properti. Pendapatan atas kerja sama tersebut dibagi hasilkan kepada nasabah dan digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sesuai jangka waktu. Pembayaran angsuran oleh nasabah digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sehingga porsi modal nasabah akan meningkat. Di akhir masa pembiayaan, porsi modal nasabah menjadi 100% sehingga properti menjadi milik nasabah sepenuhnya. 

Menurut data Kementerian PUPR tahun 2015, jumlah kekurangan pasokan perumahan di Indonesia atau backlog di Indonesia mencapai 7,6 juta unit. Perbankan diharapkan mampu mengurangi defisit perumahan tesrsebut hingga mencapai 5,4 juta unit rumah di tahun 2019.

“Hal tersebut menjadi salah satu alasan Bank Danamon untuk membantu memudahkan masayarakat Indonesia dalam mewujudkan impian masyarakat untuk dapat memiliki rumah sendiri," ujar Herry Hykmanto melalui keterangan tertulis, Jumat (5/4/2019).

Dipaparkannya, pihaknya terus berupaya menyediakan solusi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, khususnya yang memenuhi aspek dan prinsip Syariah. "Produk ini merupakan salah satu alternatif yang akan dipasarkan melalui seluruh saluran distribusi Bank Danamon yang membuka layanan syariah," jelasnya.

Peluncuran produk PPR Syariah dengan Akad MMQ Bank Danamon disaksikan pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Timur Dwi Ariyanto dan Direktur Syariah Bank Danamon Herry Hykmanto. Hadir dalam peluncuran tersebut Syariah Financing Product Head Bank Danamon Sutarto dan Regional Corporate Officer Bank Danamon Wilayah Kalimantan Eka Dinata. 

Dukung “iB Vaganza Balikpapan” 

Bank Danamon berkomitmen untuk mendukung program dan kegiatan pemerintah dalam sosialisasi dan edukasi perbankan syariah kepada masyarakat Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui partisipasi dan dukungan dalam kegiatan Expo Perbankan Syariah “iB Vaganza Balikpapan”. Pada kegiatan ini Bank Danamon berperan aktif sebagai panitia penyelenggara bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan dan Pemerintahan Daerah Balikpapan. 

Expo Perbankan Syariah “iB Vaganza Balikpapan” diisi dengan beberapa kegiatan edukasi talk show seputar perbankan syariah, peluncuran beberapa produk perbankan syariah dan hiburan yang menarik seperti dimeriahkan oleh aneka lomba Tarian Tradisional, Lomba Mewarnai Anak dan Lomba Musik Tradisional serta dan Lomba Fashion Show Industri Perbankan Syariah. Selain berbagai lomba, acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan Akustik, games dan juga dimeriahkan dengan acara yang mengandung muatan edukasi dalam bentuk talkshow mengenai perbankan Syariah yang akan ada setiap hari selama 3 hari

Khusus untuk rekening yang dibuka pada saat event iB Vaganza Balikpapan, setiap hari ada undian hadiah harian Voucher Belanja (5 kupon per hari senilai Rp.100 Ribu), 1 buah Logam Emas dan doorprize 1 unit Sepeda setiap harinya. serta Grand prize 1 unit Sepeda motor yang akan diundi pada hari terakhir acara iB Vaganza Balikpapan 

“iB Vaganza Balikpapan ini kami harapkan menjadi ajang bagi perbankan syariah untuk mensosialisasikan mengenai perbankan syariah serta produkdan layanan yang ditawarkan kepada masyarakat Balikpapan.. Kami sangat bangga mendapat kepercayaan untuk menjadi panitia penyelenggara kegiatan ini. Harapan kami”masyarakat Balikpapan bisa mengenal lebih dekat mengenai perbankan syariah, dan langsung mencoba memanfaatkan produk-produknya,” lanjut Herry. kbc7

Bagikan artikel ini: