Jumlah PNS tenaga kesehatan RI masih jauh dari kebutuhan ideal

Selasa, 2 April 2019 | 16:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia tercatat 4,1 juta per akhir 2018 kemarin. Dari jumlah tersebut 14,15% di antaranya merupakan tenaga kesehatan.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, angka tersebut masih relatif kecil. Apalagi jika dibandingkan luas wilayah Indonesia yang begitu luas, jumlah tenaga kesehatan masih sangat minim.

“Sementara untuk 14,15% tenaga kesehatan seperti Dokter, Bidan, Perawat dan tenaga kesehatan lainnya dibanding dengan penduduk dan luas wilayah di Indonesia masih terbilang minim,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (2/4/2019)

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, rasio rata-rata tenaga kesehatan terhadap jumlah penduduk yakni 1:100.000. Jika berkaca dari rasio tersebut maka ada beberapa daerah yang tenaga kesehatannya masih minim, utamanya yang berada di pelosok Indonesia.

“Bila dilihat dari ratio jumlah tenaga kesehatan terhadap jumlah penduduk per Provinsi, terdapat beberapa Provinsi yang minim tenaga kesehatan,” kata Ridwan.

Salah satu yang masih minim adalah Kepulauan Bangka Belitung. Kepulauan ini memiliki ratio jumlah dokter umum dibanding dengan jumlah penduduk 1.459.873 berada di angka 1:269.

“Kemenkes juga mencatat salah satu permasalahan tenaga kesehatan terletak pada jumlah tenaga yang masih kurang,” kata Ridwan. kbc10

Bagikan artikel ini: