Saling mengunjungi, sinyal AS dan China bakal akhiri perang dagang

Selasa, 26 Maret 2019 | 07:51 WIB ET

WASHINGTON, kabarbisnis.com:Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan China terus berupaya mencari titik temu dalam penyelesaian perang dagang.

Dikutip dari Reuters, Senin (25/3/2019), Perwakilan Dagang Amerika Serikat Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin bakal mendatangi perundingan akhir di Beijing pada 28 Maret.

Amerika Serikat juga akan menerima delegasi perdagangan China yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu He untuk pertemuan di Washington yang akan dimulai pada 3 April mendatang.

Presiden Donald Trump mengatakan bahwa negosiasi dengan China mengalami kemajuan dan ada kemungkinan titik temu dalam kesepakatan akhir guna meredakan ketegangan yang telah berlangsung delapan bulan.

Namun awal pekan ini, Trump memperingatkan AS mungkin menghentikan tarif impor China untuk sementara waktu. Meskipun Beijing telah mendorong agar AS dihapus tarif sebagai bagian dari kesepakatan.

Financial Times melaporkan Beijing belum menawarkan konsesi yang berarti terkait penghentian diskriminasi AS terhadap penyedia komputasi awan China. Lantaran AS ingin mengurangi batasan transfer data luar negeri dan untuk melonggarkan persyaratan bagi perusahaan untuk menyimpan data secara lokal.

China membuat penawaran awal pada perdagangan digital yang dinilai Amerika Serikat tidak mencukupi. China kemudian menarik kembali tawaran itu setelah Amerika Serikat menuntut janji yang lebih kuat, kata laporan itu, tanpa memberikan perincian lebih lanjut. kbc10

Bagikan artikel ini: