Risma bakal bangun pembangkit listrik tenaga sampah

Senin, 18 Maret 2019 | 08:21 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya menanggulangi permasalahan sampah di masyarakat. Berbagai inovasi yang diterapkan, bertujuan agar sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bisa terus berkurang.

Salah satunya rencana Pemkot Surabaya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Benowo, yang mampu mengubah sampah menjadi energi listrik.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya berencana membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) untuk kawasan Surabaya Timur yang berlandaskan pada 3R (Reus, Reduce, dan Recycle).

“Kita akan buat TPS untuk kawasan Surabaya Timur yang 3R, kita kurangi sampah di TPA,” tutur Wali Kota Risma saat mengunjungi Rumah Kompos Kantor Taman Surabaya Timur, seperti dikutip Minggu (17/3/2019).

Ia menjelaskan, ada beberapa rumah kompos di Surabaya yang saat ini sudah dapat menghasilkan energi listrik. Diantaranya, rumah kompos Bratang, mampu memproduksi sampah menjadi listrik sebesar 2 Kilowatt.

Sementara untuk rumah kompos Jambangan, dapat memproduksi listrik hingga sebesar 4 Kilowatt. “Pengalaman di Wonorejo itu bisa menghasilkan 4 Kilowatt (listrik). Mudah-mudahan ini juga bisa 4 Kilowatt. Lokasinya di sini (rumah kompos Tenggilis),” katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: