Pemerintah dorong industri jasa boga

Senin, 25 Februari 2019 | 10:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pesatnya perkembangan sektor pariwisata akan banyak berimbas ke sektor lain. Salah satunya adalah industri jasa boga yang sebagian besar adalah pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

"Industri jasa boga akan berkembang juga jika industri pariwisata tumbuh. Lebih spesifik lagi adalah kuliner tradisional dimana para turis domestik dan mancanegara, dipastikan akan tertarik dengan kuliner tradisional," kata Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dalam pernyataannya pada Munas ke-3 Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) di Jakarta, Minggu (24/2/2019).

Puspayoga menuturkan, APJI berperan penting dalam memperkaya khasanah kuliner tradisional Indonesia. Pun sebagai wadah para pengusaha jasa boga dalam mengembangkan kuliner otentik.

Keberadaan APJI juga dinilai strategis dalam meningkatkan daya saing kuliner di tanah air serta mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia baik di dalam dan luar negeri.

Sementara itu, sidang pleno ke-4 APJI memutuskan pemilihan pengurus baru secara aklamasi Rahayu Setiowati kembali menjabat Ketua Umum APJI.

“Untuk ke depan APJI yang dipimpin oleh saya akan mengikuti dan melanjutkan program kerja dari pemerintah,” ujar Rahayu.

Rahayu menambahkan, ia berkomitmen membentuk APJI yang jujur, transparan, bermartabat dan bermanfaat untuk orang banyak serta mendorong APJI untuk mencari terobosan baru yang dapat meningkatkan bisnis kuliner anggotanya. kbc10

Bagikan artikel ini: