Aplikasi ini bisa atasi gangguan instalasi lstrik di rumah

Senin, 18 Februari 2019 | 15:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui anak usahanya PT Haleyora Power secara resmi meluncurkan aplikasi ListriQu. Aplikasi yang dengan mudah bisa di download di smartphone ini memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan instalasi listrik di rumah secara cepat, akurat dan transparan.

Dalam pengoperasiannya, pengaduan masyarakat akan dipandu fitur dalam aplikasi dan sangat mudah. Selain itu, aplikasi ini dibekali fitur scan QR Code untuk membuktikan petugas yang datang adalah dari ListriQu.

Direktur Utama PT Haleyora Power, Ahmad Taufik Haji mengatakan, peluncuran aplikasi ini melihat pengalaman selama lima tahun dalam pelaksanaan pekerjaan Pelayanan Teknik (Yantek) pada Unit-unit PLN.

"Laporan kerusakan instalasi milik pelanggan mencapai 18 persen dari keluhan yang masuk ke Call Centre 123 PLN. Adapun untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten mencapai 48 ribu laporan perbulan atau sekitar 8 ribu laporan kerusakan instalasi milik pelanggan," ujar Taufik di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Dia menjelaskan, setiap rumah yang memiliki instalasi listrik, batas layanan dan kewenangan PLN sampai dengan kWh Meter. Sedangkan instalasi rumah merupakan kewenangan dan tanggung jawab pelanggan. Karena masuk dalam instalasi pelanggan, maka kerusakan itu bukan tanggung jawab PLN. Karena PT Haleyora Power, sebagai anak usaha PT PLN tidak dapat memperbaiki itu. Namun sekarang tidak lagi, setelah diluncurkannya layanan ListriQu.

"Segala gangguan listrik dan kerusakan yang terjadi di dalam instalasi rumah menjadi tanggung jawab pelanggan. Karena itu ListriQu hadir dan jadi solusi," imbuh dia.

Dalam pengembangan aplikasi mobile ListriQu, Haleyora Power bekerja sama Icon+ menggabungkan sumber daya dan pengalaman masing-masing mengembangkan produk layanan dalam penanganan gangguan instalasi berbasis aplikasi mobile.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menyambut baik kehadiran aplikasi ini. Dia menilai ListriQu memiliki akuntabilitas sangat tinggi.

"Ini menjadi sangat transparan dalam layanan konsumen. Diharapkan dengan ada petugas yang tersertifikasi bisa memberikan layanan terbaik, dan diharapkan harganya lebih kompetitif atau bahkan lebih murah," katanya.

Cakupan Layanan Instalasi Pelanggan ListriQu tersedia di kota Jakarta dan secara bertahap akan melayani kota-kota di Jabodetabek dan Provinsi Banten hingga akhir Bulan Maret 2019. Diharapkan pada akhir 2019 Layanan ListriQu akan tersebar ke Seluruh propinsi di Pulau Jawa. kbc10

Bagikan artikel ini: