Jokowi dapat dukungan nelayan gresik, TKD Jatim tambah yakin menang signifikan

Senin, 11 Februari 2019 | 20:34 WIB ET

GRESIK, kabarbisnis.com: Nelayan dan warga pesisir Gresik mendeklarasikan dukungan untuk Joko Widodo dan KH Maruf Amin di Pantai Delegan. Deklarasi dihadiri Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Machfud Arifin, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, dan jajaran Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gresik.

"Terima kasih para nelayan dan warga di kawasan pesisir Gresik. Dukungan ini semakin menguatkan kita untuk mengantarkan Pak Jokowi kembali memimpin Indonesia, untuk melanjutkan bakti membawa Indonesia menjadi poros maritim dunia," ujar Machfud.

Dukungan nelayan, sambung mantan Kapolda Jatim itu, semakin memperkuat suara Jokowi di Gresik. Pada Pilpres 2014, Jokowi kalah di Gresik dengan perolehan suara 47,10 persen. Sedangkan Prabowo Subianto saat itu meraup 52,90 persen.

"Hasil survei terbaru kami, Gresik sudah dimenangkan Pak Jokowi. Dengan dukungan nelayan ini, Insyaallah kemenangan makin signifikan," paparnya.

Machfud mengatakan, dukungan nelayan ini membuktikan kinerja pemerintahan Jokowi di sektor maritim terus meningkat. Program-program untuk nelayan pun semakin berkualitas.

"Sudah ada program asuransi nelayan, di mana pemerintah ikut memberi bantuan preminya. Sebagai pekerjaan dengan risiko tinggi, asuransi ini membuat nelayan tenang dalam bekerja, mendapat perlindungan yang memadai," ujar pria kelahiran Surabaya tersebut.

Selain itu, ada program Bank Mikro Nelayan yang membantu pembiayaan nelayan dalam menggeluti pekerjaannya. Bunga program itu hanya 3 persen, sehingga diharapkan bisa menyelamatkan nelayan dari rentenir yang bunganya mencekik.

"Tahun lalu sudah Rp 132 miliar yang disalurkan ke nelayan. Para nelayan harus memanfaatkannya karena sebenarnya Pak Jokowi mengalokasikan dananya hingga Rp 975 miliar. Tahun ini target penyaluran Bank Mikro Nelayan terus dinaikkan dan akan semakin membantu bapak-bapak nelayan supaya tidak lagi pinjam ke rentenir," ujar Machfud disambut tepuk tangan para nelayan.

Machfud juga menyinggung sejumlah program Jokowi untuk nelayan seperti revitalisasi tempat pelelangan ikan, perbaikan kampung-kampung nelayan, layanan kesehatan hingga pendidikan untuk anak-anak nelayan.

Bupati Gresik Sambari Halim mengatakan, dukungan nelayan tersebut adalah wujud kepuasan terhadap program pemerintahan Jokowi di bidang maritim.

"Kami yakin dan makin bersemangat untuk memenangkan Pak Jokowi dan Kiai Maruf," kata Sambari yang berkampanye memanfaatkan hari libur. kbc9

Bagikan artikel ini: