Pemerintah siap serap 50 ribu guru honorer jadi setara PNS

Rabu, 23 Januari 2019 | 06:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ada kabar gembira bagi guru honorer. Pasalnya, pemerintah dalam waktu dekat akan membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Total formasi yang dibuka untuk tahun ini sekitar 150.000 untuk jadi setara PNS.

Menteri PAN-RB Syafruddin mengutamakan guru honorer untuk bisa mengisi posisi setara PNS. Dirinya pun mengatakan telah melakukan verifikasi terhadap 152.000 guru honorer untuk ikut seleksi tersebut.

"Tentang guru honorer, sudah diverifikasi jumlahnya 152.000 data di Kemendikbud, yang memenuhi syarat harus S1," kata Syafruddin di DPR, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Dari jumlah tersebut, kata Syafruddin, pemerintah menargetkan bisa mengangkat 50.000 guru honorer menjadi setara PNS.

"Tinggal 71.000, mudah-mudahan bisa direkrut 50.000. Ini aturan semua masih bisa diubah, UU (Undang-Undang) saja bisa diamandemen," jelasnya.

Syafruddin menjelaskan, anggaran penyediaan pegawai setara PNS ini menjadi tanggung jawab pihak pemerintah daerah (Pemda).

"Bukan tenaga honorer aja, PNS juga Pemda. Bukan hanya, memang ada skema anggaran. Kementerian lembaga itu dari kementerian keuangan, kemudian gaji-gaji dari PNS itu yang di daerah di tingkat II tingkat I ya pemerintah daerah. Memang itu skemanya," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: