WhatsApp mulai batasi forward pesan maksimal 5 kali

Selasa, 22 Januari 2019 | 08:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Victoria Grand, Vice President for Policy and Communications WhatsApp, mengumumkan bahwa WhatsApp telah memberlakukan pembatasan terusan pesan atau forward messages di seluruh dunia mulai Senin (21/1/2019). Pemberlakuan ini dibatasi hanya untuk lima kontak penerima terusan pesan.

"Kami memberlakukan batasan lima pesan kontak di seluruh dunia pada hari ini," katanya seperti dikutip dari Reuters.

Tujuan pembatasan ini, guna menekan informasi hoaks maupun sekadar rumor. Sebelumnya, pengguna WhatsApp dapat meneruskan pesan ke 20 kontak atau group. Pemberlakuan ini pertama kali dilakukan di India pada pertengahan tahun 2018.

Dilaporkan juga oleh Phone Arena, saat pemberlakuan kebijakan ini di India karena negara tersebut adalah yang paling massif meneruskan pesan, foto, dan video dibandingkan dengan negara manapun. 

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengapresiasi langkah WhatsApp membatasi jumlah forward pesan hanya lima kali. Cara ini setidaknya dapat menekan jumlah penyebaran hoaks. Sebetulnya, pembahasan mengenai hal ini sudah dibicarakan dari tahun lalu.

"Pembatasan jumlah forward pesan melalui WhatsApp telah dibahas sejak kuartal ketiga tahun 2018. Adapun beta test fitur itu telah dilakukan sejak dua bulan terakhir," ujar Rudiantara di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Lebih rinci, Rudiantara menjelaskan, upaya pengurangan penyebaran hoaks melalui WhatsApp menjadi perhatian global. World Global Influencer Leader dari empat negara melakukan pembahasan dengan pihak WhatsApp untuk mewujudkan langkah pengurangan penyebaran hoaks, termasuk Indonesia. Dalam pembahasan itu, Indonesia diwakili oleh dirinya.

Dengan upaya ini, WhatsApp dianggap tidak hanya mementingkan bisnis di Indonesia tetapi juga berupaya menciptakan iklim kondusif untuk pasar Indonesia. Terutama jelang Pilpres 2019 berlangsung. kbc10

Bagikan artikel ini: