Toyota dan Panasonic kolaborasi bangun pabrik baterai mobil listrik

Senin, 21 Januari 2019 | 15:57 WIB ET

TOKYO, kabarbisnis.com: Toyota Motor Corp dan Panasonic Corp akan berkongsi mendirikan perusahaan patungan tahun depan untuk memproduksi baterai kendaraan listrik. Langkah ini ditempuh untuk bersaing dengan produsen asal China.

Dalam perusahaan patungan ini, Toyota akan mengempit sebesar 51% saham, dan Panasonic akan menggenggam sisa sahamnya. Dengan kerjasama ini, Panasonic akan memasok baterai untuk kendaraan listrik Toyota, Mazda dan Subaru.

Perusahaan patungan ini dapat membantu Toyota mencapai target penjualan kendaraan listrik yan dipatok sebesar 1 juta unit per tahun pada 2030 mendatang.

Panasonic mendapat perlakuan eksklusif sebagai pemasok baterai, sebagai upaya mengurangi ketergantungannya kepada produsen kendaraan listrik asal AS. Maklum, produsen mobil listrik AS, Tesla sedang mengalami perlambatan produksinya dalam beberapa bulan terakhir.

Tesla juga tengah berencana mengalihkan pasokan baterai dari pabrik yang berbasis di China, sehingga eksklusivitas Panasonic dengan Tesla sedikit terganggu.

Di bawah usaha patungan ini, Panasonic akan mengalihkan sebagian besar peralatan dan fasilitas terkait baterai prismatic di Jepang dan China ke perusahaan patungan tersebut. Sedangkan, produksi baterai untuk menyuplai ke Tesla masih berada di bawah perusahaan Panasonic. kbc10

Bagikan artikel ini: