Pemerintah rayu perakit iPhone relokasi pabrik ke Indonesia

Jum'at, 7 Desember 2018 | 06:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah tengah berupaya untuk bisa menarik investor dari luar negeri untuk menanamkan investasi di Indonesia. Kali ini, pemerintah tengah melobi agar perusahaan perakit komponen ponsel iPhone asal Taiwan, Pegatron merelokasi pabriknya ke Indonesia. 

"Tadi baru diomongin, dia mau investasi, yang dari Taiwan itu," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Kamis (6/12/2018). 

Luhut mengatakan, yang jadi pertimbangan dari pabrikan asal Taiwan itu adalah soal perizinan. Luhut meyakinkan mereka bahwa semua perizinan tidak akan dipersulit.

"Itu dia ragu-ragu invest karena takut masalah izin-mengizin. Terus saya jawab, semua izin kita urusin, pokok ya kamu investasi di sini, sepanjang kamu ikutin semua aturan-aturan yang ada," jelasnya.

Hanya saja Luhut belum mengetahui berapa besaran investasi yang bakal digelontorka pabrikan elektronik itu. Dia menyebut, pemerintah mendorong perusahaan yang mau merelokasi pabriknya ke Indonesia.

"Akan besar. Jadi bertahap nanti dia. Dia mau lihat dulu. Kita memang dorong orang-orang yang mau relokasi industrinya terutama semi konduktor, HP, elektronik ke Indonesia," tuturnya.

Lantas kapan investasi itu terealisasi? "Kita harapkan kuartal pertama tahun depan sudah jadi," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: