Tol Jakarta-Surabaya bakal bisa dilewati secara gratis saat Natal dan Tahun Baru

Jum'at, 23 November 2018 | 21:02 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan menyatakan pemerintah akan mengoperasikan Tol Trans Jawa dari Surabaya hingga Jakarta untuk menghadapi arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Tol dari Surabaya sampai Jakarta pasti dioperasionalkan. Cuma pas saat Lebaran kemarin masih fungsional, sekarang operasional," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Jumat (23/11/2018).

Budi mengatakan, meski mulai dioperasikan, ia mengatakan jalan tol sepanjang 870 km itu masih gratis untuk masyarakat. "Sekarang operasional, namun masih belum bayar," kata dia.

Dia bilang, Kemenhub akan segera menyurvei kondisi jalan itu bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk demi memastikan jalan tol bisa dioperasikan menghadapi arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. 

Tol Trans Jawa disebut dapat memotong waktu tempuh kendaraan dari sekitar 20 jam melalui jalan nasional menjadi 12 jam. Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Soebagiono mengatakan selain Trans Jawa, pemerintah pada mudik Natal dan tahun baru nanti akan memfungsikan jalur tol dari Lampung hingga Terbanggi Besar.

"Dari Lampung sampai Terbanggi Besar sudah bisa fungsional untuk jalur Natal. Sekarang tol sepanjang 140 km sudah bisa fungsional," kata dia.

Budi mengatakan, dalam melayani arus mudik Natal dan tahun baru nanti pemerintah akan menerapkan strategi sama seperti yang digunakan saat arus mudik Lebaran 2018 lalu.

Namun demikian, Budi mengatakan pemerintah tetap akan membuat prioritas, terutama di wilayah dermaga dan wilayah yang masyarakatnya banyak yang merayakan Natal, seperti Danau Toba, Nusa Tenggara Timur, Manado, Nias. 

"Untuk Natal dan tahun baru, yang jelas sekarang saya buat agak berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu, tidak begitu banyak sentuhan kita. Saya harap pengamanan angkutan Natal dan Tahun Baru saya buat sama dengan Lebaran, tapi dibuat miniatur," kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: