Kaum milenial Surabaya kini ada KPR Gaeesss dari BTN, ini syaratnya

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 09:14 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah diluncurkan di Jakarta pada awal bulan ini, PT Bank Tabungan Negara Tbk atau BTN mulai memperkenalkan program KPR terbaru bertajuk 'KPR Gaeesss' dengan membidik segmen milenial untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Direktur Consumer Banking Bank BTN, Budi Satria mengatakan, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, potensi pasar properti untuk segmen anak muda di Surabaya cukup besar. Oleh karena itu pihaknya memilih Surabaya sebagai penetrasi pasar untuk program KPR Gaeesss selain Jakarta yang lebih dulu meluncur.

"Data yang ada kontribusi wilayah Surabaya dan Jawa Timur sebesar 25 persen dari produk KPR kami. Ini tentu merupakan pasar yang potensial. Survei kami bahwa di kota-kota besar jumlah pegawai muda sekitar 70 persen," katanya pada peluncuran KPR Gaeesss di Surabaya, Jumat (26/10/2018) malam.

Dipaparkan Budi, KPR Gaeesss sengaja dihadirkan BTN dengan menyesuaikan kebutuhan dan karakter generasi milenial yang ingin mendapatkan hunian murah, baik rumah tapak maupun apartemen secara cepat, mudah dan terjangkau. Selain itu, produk ini juga memberikan kemudahan pengajuan aplikasi, dan biaya yang terjangkau untuk uang muka, biaya provisi, dan administrasi.

"Keunggulan utama produk ini adalah, BTN memasukkan biaya proses KPR dalam plafon kredit dan nasabah tidak perlu mengendapkan dananya di rekening. Sementara, suku bunga kredit yang kami berikan hanya 8,25 persen fixed selama 2 tahun," jelasnya.

Budi bilang, khusus untuk debitur KPR rumah pertama, uang muka atau down payment (DP) yang dibutuhkan minimal 1 persen. Selain itu, pihaknya juga memberikan diskon biaya provisi maupun administrasi sebesar 50 persen. "Biaya-biaya proses KPR tersebut, akan dimasukkan dalam plafon kredit," paparnya.

Adapun kemudahan lain dari KPR Gaeesss yaitu, program ini dikemas bersama dengan KPR Zero, yang artinya debitur bisa mendapatkan cuti membayar utang pokok hingga 2 tahun. KPR Gaeesss juga memberikan pilihan tenor kredit yang panjang, 20 tahun untuk KPA dan 30 tahun untuk KPR.

Untuk bisa mendapatkan fasilitas KPR Gaeesss, adalah mereka anak muda yang sudah bekerja minimal 1 tahun, dan cara pengajuannya harus melalui online.

Ditambahkan Budi, karena program ini terbilang baru, pihaknya tidak muluk-muluk menargetkan nilai penyaluran kredit. "Kami menargetkan KPR Gaeesss bisa membukukan kredit baru sebesar Rp 1,5 triliun hingga Desember 2018, atau sekitar Rp 500 miliar per bulan," ujarnya.

Sekadar catatan, hingga akhir September 2018 lalu, BTN telah menyalurkan KPR secara nasional sebesar Rp 199,2 triiliun. Angka ini naik 18,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. kbc7

Bagikan artikel ini: