Pertama di dunia, Adidas rilis sepatu buat kaum vegan

Sabtu, 8 September 2018 | 21:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tren gaya hidup vegetarian yang kini semakin diminati bukan lagi hanya sebatas pada makanan. Banyak pula vegan yang mulai membatasi diri dengan membeli produk-produk yang tidak mengandung unsur hewani. Selain itu, beberapa perusahaan juga mulai memproduksi barang-barang yang dibutuhkan oleh kaum vegan.

Beberapa waktu lalu sempat muncul yang namanya make-up vegan. Lalu ada pula tas kulit yang vegan. Kini seorang desainer ternama dunia merancang sepatu kets bebas dari unsur hewani. Bekerja sama dengan label ternama yaitu Adidas, Stella McCartney tidak lagi menggunakan bulu atau kulit hewan sebagai bentuk upaya menciptakan merek yang benar-benar berkelanjutan dan bebas kekejaman.

Desainer asal Inggris itu telah lama diketahui memutuskan untuk menjalani gaya hidup vegetarian. Oleh karenanya ia berusaha menghasilkan karya yang memang cocok untuk para vegan. Sepatu rancangan terbarunya diberi nama Stan Smith yang diklaim ramah-vegan pertama di dunia.

Sepatu ikonik ini mulai akan dipasarkan pada 10 September mendatang dalam rangka merayakan ulang tahun McCartney. Sepatu ini mempertahankan fitur identik khas desainer tersebut dimana ada hiasan yang mencerminkan merek. Selain itu, berbeda dengan tanda tiga garis yang muncul pada produk sepatu Adidas konvensional, pada sepatu ini akan ada logo tiga baris bintang dan Stella McCartney di bagian tumit sepatu bersama garis-garis band merah anggur serta biru.

"Sneaker Stan Smith hanyalah desain luar biasa yang telah bertahan dalam ujian waktu. Saya penggemar sepatu asli seperti kebanyakan orang. Kali ini dengan sedit inovasi, sepatu tersebut bisa digunakan oleh siapa saja termasuk atlet karena memiliki fitur di alas kaki yang klasik namun cukup revolusioner dan menggunakan teknologi mutakhir," jelas McCartney seperti yang dikutip dari Independent, Sabtu (8/9/2018).

Sebenarnya ini bukan pertama kali kolaborasi antara desainer berusia 46 tahun itu dengan label ternama. Sebelumnya di tahun 2005 mereka telah berkolaborasi untum meluncurkan serangkaian pakaian atletik, kacamata, pakaian renang, wewangian, dan lingerie. McCartney sendiri memiliki merek sendiri yang telah didirikan sejak 2001. kbc10

Bagikan artikel ini: