Harga gabah ogah turun

Senin, 3 September 2018 | 19:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani pada Agustus sebesar Rp 4.774 per kilogram (kg) atau naik 3,05% dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan yang lebih besar yakni 3,27% terjadi pada GKP di tingkat penggilingan dan membuat rata-rata harga menjadi Rp 4.870 per kg.

Hal yang sama terjadi pada harga gabah kering giling (GKG). Pada Agustus rata-rata harga GKG di petani naik 1,95% dari bulan sebelumnya menjadi Rp 5.308 per kg. Pun di tingkat penggilingan yang naik 1,64% menjadi Rp 5.400 per kg.

Jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, harga GKP saat ini, baik di petani dan di penggilingan, naik sebesar 5,88% dan 6,08%. Beralih ke harga beras, terdapat anomali dari data yang ditunjukkan BPS. Pasalnya, walaupun harga GKP dan GKG naik, harga beras di tingkat penggilingan mengalami penurunan.

Tercatat, pada Agustus, rata-rata harga beras dengan kualitas medium sebesar Rp 9.172 per kg atau turun 0,28% dibandingkan bulan sebelumnya.Rata-rata harga beras premium juga turun 0,65% dari Juli menjadi Rp 9.458 per kg.

Kepala BPS Suhariyanto mengungkapkan, terjadinya penurunan harga beras di tengah melonjaknya harga gabah pada bulan yang sama sangat mungkin terjadi.Pasalnya, beras yang dijual di tingkat penggilingan bisa saja bukan hasil dari gabah yang baru dipanen atau dengan kata lain merupakan stok dari bulan sebelumnya.

Penjelasan tersebut didukung dengan data pada Juli yang menunjukkan rata-rata harga GKP saat itu mengalami penurunan 0,38% dari bulan sebelumnya yakni dari Rp4.650 per kg menjadi Rp4.633 per kg."Kami sudah lacak anomali ini dan kami temukan di penggilingan yang dijual adalah stok lama. Ada jeda beberapa saat sebelum gabah yang baru dikeluarkan. Itulah penyebab anomali ini terjadi," ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Ia juga menyebutkan meski mengalami penurunan, harga beras pada Agustus tidak berkontribusi pada deflasi karena penurunannya sangat kecil yakni hanya 0,28% sehingga tidak terlalu signifikan. kbc11

Bagikan artikel ini: