OJK klaim sudah ada 14,9 rekening SimPel

Kamis, 30 Agustus 2018 | 20:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total rekening dalam program Simpanan Pelajar (SimPel) sudah sebanyak 14,9 juta rekening. Angka itu merupakan akumulasi sejak program SimPel diluncurkan pada awal September 2015 hingga kuartal II-2018.

Angka itu berasal dari 324 ribu sekolah yang ikut berpartisipasi dalam program SimPel. Sementara dana yang terkumpul dari program tersebut telah mencapai Rp4,9 triliun.

"Tentu saja jumlah ini akan terus bertambah seiring semakin meluasnya program SimPel itu," kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara, dalam acara ulang tahun ke-50 Citi Indonesia, di ballrom Hotel Grand Hyatt, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018) malam.

Adapun jumlah bank yang berkomitmen bekerja sama dengan OJK untuk menjalankan program SimPel sebanyak 280 bank. Selain bank umum, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga turut mendukung kesuksesan program tersebut.

"Kami berharap bank-bak lain turut berpartisipasi dalam menggalakkan program nasional SimPel ini," ucapnya.

SimPel adalah tabungan untuk pelajar dengan persyaratan mudah dan sederhana serta menghadirkan fitur-fitur yang menarik. Menurut Tirta program tersebut merupakan upaya OJK untuk mengedukasi masyarakat terhadap inklusi keuangan.

"Program edukasi keuangan untuk generasi muda harus dibarengi dengan langkah nyata dalam mendekatkan mereka kepada produk dan layanan keuangan. Program SimPel mendorong budaya menabung sejak anak-anak usia sekolah," pungkas Tirta. kbc10

Bagikan artikel ini: