Astra siap rambah bisnis fintech

Selasa, 28 Agustus 2018 | 15:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Astra Internasional Tbk (ASII) terus melakukan diversifikasi usaha. Dalam waktu dekat, perusahaan otomotif ini bakal merambah lini bisnis financial technology atau fintech.

"Mungkin dalam waktu dekat kami akan meluncurkan produk fintech juga," kata Presiden Direktur Astra Internasional Prijono Sugiarto di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Meski belum bisa terbuka mengenai rencana ini, Prijono optimistis rencananya akan berjalan mulus lantaran didukung dengan kinerja fundamental sektor jasa keuangan.

"Karena kalau kita lihat customer base dari pada mobil dan motor itu sekarang yang ada di credit companies lebih 10 juta," sebut Prijono.

Selain itu, setiap tahun amount finance yang diberikan kepada pelanggan mobil dan motor termasuk alat berat sudah hampir Rp80 triliun. Menurutnya dua alasan itu akan menjadi modal dalam membangun perusahaan fintech tersebut.

"Jadi itu modal lain. Mungkin dalam waktu dekat kami akan meluncurkan salah satu modal fintech," imbuh Prijono.

Ia berharap dengan adanya perusahaan fintech ini melengkapi lini jasa keuangan Astra Group yang sejauh ini di dalamnya sudah ada perbankan, asuransi, dan dana pensiun.

"Jadi yang saya katakan modal kami cukup besar dengan aset yang keseluruhan jasa keuangan hampir Rp300 triliun," imbuh Prijono.

Direktur Astra International Paulus Bambang Widjanarko menambahkan perseroan tinggal menunggu waktu untuk masuk ke industri fintech.

"Minggu lalu sudah diumumkan bahwa kita punya peer-to-peer lending. Kita tentu akan masuk ke arah sana karena kita punya financing yang kuat. Tinggal tunggu waktunya kita akan masuk ke fintech," tutup Paulus. kbc10

Bagikan artikel ini: