Mulai tahun depan, beli tiket kapal Ferry hanya bisa pakai uang elektronik

Selasa, 14 Agustus 2018 | 07:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Mulai Maret 2019, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menargetkan seluruh pembayaran dalam pembelian tiket kapal feri yang dikelolanya menggunakan uang elektronik. 

Artinya, saat musim mudik Lebaran tahun depan, para calon penumpang angkutan penyeberangan harus menggunakan uang elektronik saat membeli tiket.

Direktur Komersial PT ASDP Indonesia Ferry, M Yusuf Hadi mengatakan, untuk tahap pertama, mulai 15 Agustus 2018, penerapan sistem pembayaran nontunai ini diterapkan di empat pelabuhan, yaitu Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Calon penumpang bisa menggunakan uang elektronik yang diterbitkan empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) saat bertransaksi membeli tiket angkutan penyeberangan.

"Ini merupakan awalan, supaya pengguna jasa tertib mendapatkan tiket lalu bermigrasi dengan payment getaway online. Itu ticketing masalah pembelian ya. (Sosialisasi) Sejak awal bulan lalu," ujar dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Kemudian tahap kedua, ASDP akan menambah jumlah lintasan yang pembelian tiketnya dilakukan dengan nontunai. Tahap kedua ini akan dilaksanakan pada Desember mendatang atau saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Kita bertahap, setelah Ketapang, Gilimanuk, Merak, dan Bakauheni, kita lanjutkan ke Padang, sampai Labuan Bajo, sampai Nusa Tenggara Timur (NTT) lalu ke barat ada Tanjung Api-api, lalu Padang," ungkap dia.

Pada tahap kedua ini, tidak hanya menggunakan uang elektronik, calon penumpang dan pengusaha logistik yang juga bisa menggunakan kartu kredit atau kartu debit untuk bertransaksi. Hal ini mengingat harga tiket yang dibayar oleh truk logistik untuk bisa menggunakan angkutan penyeberangan cukup besar.

"Kenapa kita ada fase? Karena sampai Desember bisa dilayani dengan credit card dan debit card. Dan ini karena yang kita layani bukan hanya penumpang, truk juga. Kan dimiliki oleh pengusaha," kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: