Bangun hotel bintang lima di Mandalika, Qatar siapkan nduit Rp7,2 triliun

Kamis, 2 Agustus 2018 | 18:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah Indonesia kembali mengembangkan kerjasama bilateral. Baru saja, Indonesia menandatangai kerjasama investasi dengan Qatar senilai USD500 juta atau setara Rp7,2 triliun (mengacu kurs Rp14.400).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menuturkan, pada kerjasama tahap awal ini pemerintah Qatar akan membangun hotel bintang lima di Mandalika yang merupakan kawasan wisata di Lombok Tengah.

"Tadi kita tanda tangan kerjasama investasi USD500 juta, tahap awal untuk pembangunan hotel oleh perusahaan dari Qatar, akan membangun hotel bintang lima," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Di samping itu, Luhut juga menuturkan bahwa pemerintah Qatar menginginkan adanya rute penerbangan langsung Qatar ke Banda Aceh sekaligus membuat aqua culutre di Sabang. "Ini sudah dibicarakan semua, tapi mereka ingin eksekusi cepat," kata Luhut.

Minat Qatar untuk investasi di Indonesia tidak hanya sampai di situ. Mereka juga menyatakan keinginannya untuk masuk dalam 10 destinasi wisata Indonesia. Di samping itu mereka juga mengungkapkan minat untuk kerjasama dalam bidang pertahanan.

"Qatar dengan investment authority sudah komitmen," kata Luhut.

Selain Qatar, negara yang telah menyatakan minat untuk investasi di Indonesia adalah China. Nilai investasi yang ditawarkan China cukup fantastis yaitu USD10 miliar atau Rp114 triliun mengacu kurs Rp14.400.

China berencana untuk menanamkan investasi di Halmahera Utara sebesar USD5 miliar untuk membangun pabrik nikel, carbon steel, sampai lithium. "Stage kedua mereka akan masuk USD5 miliar lagi. Groundbreaking akan akhir bulan ini," jelas Luhut. kbc10

Bagikan artikel ini: