Buka bareng driver online, DPRD Surabaya ajak tingkatkan kepedulian kepada sesama

Selasa, 22 Mei 2018 | 10:24 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya mengajak masyarakat Kota Pahlawan untuk memperkuat rasa kepedulian, solidaritas, dan empati di bulan suci Ramadan. Bulan mulia ini bisa menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa kemanusiaan senantiasa bisa menang di tengah berbagai arus modernisasi.

Pesan itu disampaikan Ketua DPRD Surabaya Armuji saat berbuka bersama dengan 400 pengemudi ojek berbasis online dan puluhan anak yatim piatu di Surabaya, Senin (21/5/2018).

”Syukur alhamdulillah kita berjumpa lagi dengan Ramadan yang penuh dengan ampunan, penuh dengan berkah, dan penuh dengan hikmah. Bulan yang selalu kita rindukan. Insya Allah, atas izin Allah, mari kita berupaya mengisi bulan Ramadan ini dengan amalan semampu kita,” ujar Armuji.

Wakil rakyat dari PDI Perjuangan itu mengatakan, jelang memasuki Ramadan, masyarakat dikejutkan dengan aksi terorisme tidak berperikemanusiaan yang terjadi di Surabaya.

”Kita berduka dan mengutuk keras aksi kejam tersebut. Kini saatnya bangkit menatap masa depan Surabaya yang lebih cerah,” kata Armuji.

”Maka momentum Ramadan ini selayaknya kita berefleksi bersama, berinstrospeksi bersama untuk memperbaiki apa yang masih kurang selama ini. Ramadan menjadi sarana untuk mengisi kembali baterai energi kehidupan kita dengan nilai-nilai empati, kemanusiaan, dan kepedulian terhadap sesama,” imbuh Armuji.

Armuji menambahkan, salah satu pesan kunci Ramadan adalah memperkuat kesadaran kita bahwa manusia tak akan bisa hidup sendirian tanpa pertolongan orang lain.

”Dalam rasa lapar, timbul solidaritas. Dalam rasa dahaga, penuh nilai kebersamaan. Itulah filosofi kita sebagai insan yang dhaif dan fakir, yang saling membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu, mari kita saling membantu sesama. Ramadan mengajak kita untuk tidak hanya meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT, tapi juga meninggikan akhlak pergaulan dengan sesama. Hablum minallah, hablum minannas,” papar Armuji. kbc2

Bagikan artikel ini: