Mulai bulan depan, bantuan pangan non tunai jangkau 3,3 juta keluarga

Rabu, 18 April 2018 | 16:38 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah akan memperluas Bantuan Pangan Non Tunai  (BPNT) hingga menjangkau 3,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dari semula sebesar 1,2 juta KPM. Rencananya, penyaluran BPNT  Tahap I  mulai dilakukan bulan Mei mendatang.

Menko PMK Puan Maharani mengatakan saat  ini pemerintah tengah mematangkan persiapan perluasan penyaluran BPNT, namun sebelum itu harus dapat memastikan bahwa pelaksanaan penyaluran BPNT tahun 2017 kepada 1, 2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) berjalan dengan baik dan perencanaan untuk penyaluran tahun 2018 dilakukan secara cermat.

Adapun  RTM pada hari ini untuk memastikan kesiapan perluasan BPNT serta akan difokuskan pada Penetapan Perluasan BPNT Tahap I yang rencananya akan disalurkan pada Mei 2018 dan Monitoring Evaluasi untuk Perluasan Tahap II,” terang Puan usai Rapat Koordinasi Terbatas di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Menurutnya  perluasan BPNT tahap I akan menambah sebanyak 2, 01 juta KPM dengan menambah 24 Kabupaten/Kota. Jadi total penyaluran BPNT setelah adanya perluasan penyaluran tahap I sebanyak 3, 3 juta KPM di 68 Kabupaten/Kota. “Untuk kab/kota yang belum siap dengan tranformasi Rastra ke BPNT tetap mendapat Bansos Rastra reguler,” kata Puan.

Sementara itu, lanjut Menko PMK rencana perluasan BPNT tahap II akan dilaksanakan pada Juni 2018 dengan menambah 2,2 juta KPM di 34 Kabupaten/Kota. Namun, hasil evaluasi dan monev, masih ada pending isu yang harus segera diselesaikan yaitu terkait penyerahan KKS dan masih kurangnya e-warong. “Saya  minta agar Himbara segera merekrut kekurangane-warong paling lambat Juli 2018,” harapnya.kbc11

Bagikan artikel ini: