Jelang Hari Valentine, anak-anak muda `galau` sibuk buru kado lewat belanja online

Rabu, 7 Februari 2018 | 06:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tren belanja online diramal bakal melonjak mendekati Hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari. Di momen itu, biasanya pasangan anak muda saling bertukar kado.

Co-founder AsmaraKu.com, Grace Natalia, mengatakan, pihaknya baru saja melakukan survei mengenai kebiasaan dan preferensi pasangan di Indonesia saat hari Valentine.

"Survei yang dilakukan selama seminggu pada bulan Januari 2018 ini melibatkan 1.215 responden di Indonesia, di mana 78 persen responden adalah pria dan sisanya adalah perempuan," ujar Grace dalam siaran persnya.

Menurut Grace, survei ini menemukan 60 persen responden berencana merayakan hari Valentine tahun ini. "Dari jumlah tersebut, mayoritas akan melakukan tukar kado dan makan malam istimewa, dengan rata-rata anggaran kado sekitar Rp 350.000 sampai Rp 500.000," jelasnya.

Secara mengejutkan, kata Grace, baik pria maupun wanita lebih memilih barang-barang fashion seperti tas, jam tangan, dan lain-lain, sebagai hadiah yang paling mereka harapkan di momen Valentine, dibandingkan hadiah klasik seperti cokelat atau bunga. Uniknya, tren belanja hadiah Valentine secara online juga ikutan meningkat, seiring berkembangnya usaha e-commerce di Indonesia.

"Konsumen juga mulai beralih membeli hadiah Valentine secara online. Sebanyak 54 persen responden menyatakan belanja online melalui smartphone, 31 persen belanja online melalui personal computer (PC), dan hanya 13 persen yang berbelanja di toko," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: