Bantu ekonomi warga, JOB PPEJ sulap lahan pekarangan jadi kebun produktif

Kamis, 18 Januari 2018 | 13:13 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Komitmen JOB Pertamina-PetroChina East Java (JOB PPEJ) pada masyarakat terus ditegaskan. Dalam hal ini, JOB PPEJ telah melatih warga di sekitar wilayah operasi JOB PPEJ agar bisa meningkatkan ekonomi secara mandiri. Oleh operator Blok Tuban, masyarakat dilatih untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki. Salah satunya memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan perkebunan produktif.

“Warga diberikan bantuan awal, berupa bibit tanaman buah, seperti jambu merah, mangga, apel, dan sawo, dari hasil perkebunan tersebut diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat secara mandiri,” ujar field Administration Superintendent JOB PPEJ, Akbar Pradima, Surabaya, Rabu (17/1/2018).

Program pemanfaatan pekarangan menjadi kebun produktif tersebut dilakukan di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Tuban. Desa tersebut diharapkan menjadi desa percontohan untuk pengembangan ekonomi kreatif masyarakat di desa lain. Dari hasil panen masyarakat itu, JOB PPEJ juga menyediakan ruang pamer bagi masyarakat.

“Ruang pamer atau pusat oleh-oleh tersebut nantinya diharapkan menjadi wadah semua hasil produk unggulan lokal yang akan dikelola BUMDesa. Program tersebut merupakan sinkronisasi antara pihak operator dengan Pemkab Tuban,” tambahnya.

JOB P-PEJ juga memberikan fasilitas tempat pelatihan dan pengembangan usaha bagi Karang Taruna (BLK) yang memanfaatkan bekas gedung SDN Rahayu. Bangunan yang letaknya berada di sebelah PAD A, Blok Tuban itu menjadi ruang pelatihan yang bisa dimanfaatkan sebagai pusat belajar bagi masyarakat.

Di sisi lain, Lamidin (65), warga Desa Kebon Agung, Kecamatan Rengel,  Tuban tidak lagi bingung membuang kotoran hewan ternaknya. Oleh JOB PPEJ dia diberikan peralatan yang bisa mengolah kotoran ternak menjadi biogas dan pupuk. Kotoran sapi yang ia miliki kini tidak pernah dibuang. Namun kotoran sapi itu dikumpulkan dan dimanfaatkan sebagai kebutuhan masak dan pupuk pertanian. Selain di Tuban, program CSR juga diberikan di tiga desa yang ada di Bojonegoro: Desa Campurejo, Sambiroto, dan Ngampel.

JOB PPEJ juga memberikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang memadai untuk proses belajar-mengajar di sekolah lebih terjamin. Sehingga dalam bidang pendidikan, JOB PPEJ memberikan bantuan berupa gedung MI di Dusun Plosolanang, Desa Campurejo.

Di Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, sarana pendidikan adalah berupa bantuan pembangunan gedung TK. Program pendidikan itu juga diberikan di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, fasilitas untuk TK dan SD, mainan indoor di PAUD/TK, pengadaan loker anak dan pengadaan alat drum band untuk anak SD dan TK.

Untuk program penunjang operasi yang diberikan operator JOB PPEJ juga bersinergi dengan Pemkab  yang memiliki program  menjadikan wong Bojonegoro sehat, produktif dan bahagia. Salah satunya di bidang kesehatan yang dilakukan di Desa Sambiroto, penambahan jaringan air bersih, penambahan makanan tambahan bagi balita dan lansia, pengadaan alat kesehatan dan fogging. Pengadaan di bidang kesehatan itu juga beberapa di antaranya dilakukan di Desa Campurejo dan Ngampel.kbc6

Bagikan artikel ini: