7-Eleven gulung tikar, Modern Internasional lego cucu usaha

Kamis, 21 Desember 2017 | 19:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Induk usaha 7-Eleven, PT Modern Internasional Tbk (MDRN) memutuskan melepas saham milik perseroan di PT Fresh Food Indonesia (FFI). Hal ini lantaran perseroan tidak lagi memiliki bisnis ritel 7-Eleven.

Melansir keterbukaan informasi yang diterbitkan perseroan di situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (21/12/2017), perseroan telah menjual saham yang dimiliki anak usaha perseroan, PT Modern Pangan Indonesia (MPI), di FFI.

MPI sendiri, telah melakukan joint venture (JV) dengan PT Kho Boga Food (KBF) untuk mendirikan FFI sebagai fasilitas central kitchen guna menunjang bisnis 7-Eleven. FFI merupakan salah satu pemasok dari 7-Eleven yang memproduksi makanan dan roti untuk dijual ke toko 7-Eleven.

Namun, dengan sudah tidak adanya bisnis 7-Eleven, maka perseroan menilai sudah tidak lagi memerlukan fasilitas yang ada di FFI. Perseroan pun menjual/mengalihkan semua saham yang dimiliki MPI di FFI kepada KBF sebanyak 7,17 juta lembar saham.

Dengan penjualan atau pengalihan saham ini, maka seluruh kewajiban FFI kepada pihak ketiga, akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya KBF. Adapun pengalihan saham ini, akan dilakukan pada 29 Desember.

Dari transaksi penjualan atau pengalihan saham ini, perseroan tidak memilki arus kas keluar atau masuk dan entitas anak, karena transaksi ini memperhitungkan penyelesaian utang piutang di antara perusahaan-perusahaan tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: