Menteri Puan serahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan ke 4.100 pekerja rentan

Kamis, 21 Desember 2017 | 10:50 WIB ET

SURABAYA, kabarbosnis.com: Sebanyak 4.100 pekerja rentan di seluruh Indonesia telah terlindungi dengan jaminan sosial ketenagakerjaan. Mereka mendapatkan fasilitas tersebut dari ratusan perusahaan menengah besar yang telah mengalokasikan dana Corporate Social Responsibility (CRS) mereka dalam program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

Penyerahan secara simbolis Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 4100 peserta oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani saat peringatan Hari Kesetiakawan Sosial Nasional (HKSN) yang digelar di Lapangan Makodam  Jawa Timur, Rabu (20/12/2017).

Dari 4100 peserta tersebut seluruhnya adalah pekerja sosial yang terdiri dari 243 Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), 969 Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan 2888 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang didaftarkan selama 3 bulan oleh perusahaan-perusahaan dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan.

Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis mnyatakan rasa terimakasihnya kepada Menko PMK yang telah berkenan menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis tadi, serta kepada perusahaan yang telah berpartisipasi dalam GN Lingkaran semoga dengan penyerahan kartu ini semakin membuktikan hadirnya negara untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia melalui BPJS Ketenagakerjaan termasuk pekerja sosial.

GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan adalah program untuk menggalang solidaritas dan kepedulian dalam bentuk donasi iuran BPJS Ketenagakerjaan dari pelaku usaha baik individu, maupun perusahaan untuk dapat berpartisipasi dalam memberikan perlindungan kepada pekerja rentan yang belum memikirkan tentang perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami mengimbau kepada perusahaan, utamanya yang menengah besar agar mengalokasikan dana CSR mereka untuk program GN Lingkaran agar makin banyak tenaga kerja rentan yang terlindungi. Target kami tahun depan bisa mencapai 6 ribu pekerja,” ujar Ilyas. kbc6

Bagikan artikel ini: