Kembali digelar, pameran potensi unggulan kawasan Indonesia Timur

Sabtu, 25 November 2017 | 15:43 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menindaklanjuti keberhasilan IBT Center yang telah mengadakan EXPO di tahun 2016, segera hadir kembali even Indonesia Bagian Timur (IBT) Expo 2017 bertema 'When East Java Meets Eastern Indonesia Part 2' di IBT Center – Garden Palace Hotel Surabaya.

Pada gelaran tahun lalu, ajang ini didukung berbagai daerah Indonesia Bagian Timur antara lain Provinsi Nusa Tenggara Timur, Halmahera, Maluku Utara dan lain-lain.

IBT Expo 2017 kini tidak hanya menggandeng Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), namun juga tuan rumah yaitu Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ragam acara yang menarik pun dipersiapkan guna mensukseskan tujuan bersama dalam rangka memberi kesempatan bagi pelaku bisnis dan stakeholder terkait untuk memperluas network, memperkenalkan produk unggulannya dalam rangka memperkuat potensi perdagangan, investasi dan pariwisata terutama di Kawasan Indonesia Timur.

Even ini bakal berlangsung pada 29 November hingga 3 Desember 2017.

"Pameran Indonesia Bagian Timur tidak berhenti di hari terakhir namun masih bersinergi dengan Pameran Potensi Daerah Perbatasan yakni pada 4 hingga 6 Desember 2017. Partisipasi peserta meningkat dari tahun sebelumnya dengan hadirnya kabupaten Buleleng, Saumlaki, Gresik dan Malang," kata Ketua Panitia Penyelenggara IBT Expo 2017 sekaligus Hotel Manager Garden Palace Hotel, Mulyadi Yasin Saleh, kemarin.

Seperti yang diketahui bersama bahwa Indonesia Bagian Timur dan Jawa Timur memiliki potensi kekayaan alam dan produk unggulan dengan nilai jual lebih yang mampu dan diharapkan banyak dikenal masyarakat luas. Potensi inilah yang akan ditampilkan pada IBT Expo 2017. Berbagai produk unggulan dengan kualitas terbaik, seperti : tenun, aksesoris, potensi wisata, produk olahan hasil laut,  agro, makanan dan minuman, craft, beauty & kosmetik, ukm, dan masih banyak lagi akan hadir memenuhi venue acara. Acara seperti talkshow, workshopkomunitas&asosiasi, forum bisnis dan investasi, business matching, talent competition pun hadir mewarnai kegiatan yang dilaksanakan di IBT Center – Garden Palace Hotel.

 “lBT Expo tahun 2017 ini diharapkan mampu mewujudkan sinergi yang baik antara kami pihak penyelenggara yaitu IBT Center sebagai pihak swasta, dengan pemerintah setempat baik itu Kementrian dan juga Pemerintah Provinsi NTT dan Jawa Timur, untuk bersama memajukan produk unggulan dalam negri. Apa yang sudah kami siapkan ini semoga mampu menjadi ajang pertukaran informasi, promosi pariwisata, serta menghadirkan transaksi perdagangan dengan nilai investasi dan kontrak kerjasama yang diharapkan oleh semua pihak," beber Mulyadi.

IBT Expo 2017 sendiri merupakan agenda tahunan IBT (Indonesia Bagian Timur) Center yang merupakan pusat informasi, promosi, perdagangan dan pariwisata Indonesia Timur yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas bisnis bertempat di Surabaya. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia yang memiliki posisi strategis di pusat persimpangan jalur bisnis dan perdagangan, Surabaya menjadi pintu gerbang Indonesia Timur dengan infrastruktur bisnis, perdagangan dan industri yang matang dan terus berkembang hingga saat ini. Dengan keunggulan posisi di Surabaya ini, IBT Center dirancang sebagai sentra Indonesia Timur untuk menjadi Pusat Perwakilan di Surabaya menuju pasar nasional dan global. kbc7

Bagikan artikel ini: