Dua pimpinannya `diproses` Polri, ini harapan KPK

Kamis, 9 November 2017 | 07:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Bareskrim Polri tidak menetapkan dua pimpinannya, Agus Rahardjo dan Saut Situmorang, sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan surat.

Seperti diketahui, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Polri telah meningkatkan status kasus yang dilaporkan tim kuasa hukum Ketua DPR Setya Novanto, Sandy Kurniawan, itu dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan.

Polri telah menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP), dan mengirimkannya ke Kejaksaan Agung. Namun, hingga kini, Bareskrim Polri belum menetapkan Agus dan Saut sebagai tersangka.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, KPK memiliki pengalaman pahit pimpinan yang tersandung kasus hukum saat sedang menangani kasus-kasus besar. Penetapan tersangka terhadap pimpinan tersebut membuat KPK pincang dan tak dapat bekerja secara maksimal. Untuk itu, KPK harap pengalaman pahit ini tidak terulang kembali.

"KPK punya sejarah yang tidak cukup bagus sebenarnya terkait dengan pemberhentian pimpinan di tengah jalan, ketika sedang menangani kasus-kasus besar," kata Febri. kbc4

Bagikan artikel ini: