BTN dan Telkomsel kolaborasi layanan kirim uang elektronik

Selasa, 26 September 2017 | 22:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) terkait akses pengiriman saldo nasabah ke uang elektronik T-Cash dan sebaliknya.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, layanan ini akan memudahkan akses keuangan para nasabah tanpa kantor (unbanked) yang memanfaatkan peran agen laku pandai di seluruh Indonesia. Khususnya, para nasabah tabungan BTN Cermat.

Produk T-Cash dari Telkomsel sengaja dipilih BTN lantaran penyedia telekomunikasi tersebut memiliki jangkauan yang luas, yakni mencapai 400 ribu jaringan distribusi nasional. Terlebih, jumlah pelanggan anak usaha PT Telkom (Persero) Tbk itu telah mencapai 178 juta.

"Kami berharap, kemitraan dengan Telkomsel dapat mendorong keterjangkauan masyarakat unbanked, terutama dalam rangka inklusi keuangan," ujar Maryono dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/9/2017).

Ke depan, Maryono menambahkan, kemitraan ini akan mengkaji kembali jenis pelayanan yang bisa diberikan kepada nasabah BTN dan pelanggan Telkomsel.

Pasalnya, tak hanya menguntungkan kedua perusahaan, lebih luasnya, kemitraan akan memberi dampak pada inklusi keuangan. Khususnya, melalui program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dilakukan dengan pelayanan keuangan secara mobile.

Selain itu, kemitraan juga memperkuat sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sesuai dengan semangat dari pemerintah.

Berdasarkan catatan BTN, jumlah agen laku pandai telah mencapai 6.200 agen dan 1,15 juta nasabah per Agustus lalu. Sedangkan sampai akhir tahun ini, BTN menargetkan jumlah agen laku pandai mencapai 10 ribu dan nasabah sekitar 1,2 juta. kbc10

Bagikan artikel ini: