Deddy Mizwar minta proyek Meikarta milik Lippo Group distop, ada apa?

Kamis, 3 Agustus 2017 | 08:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meminta proyek pembangunan kota modern terlengkap se-Asia Tenggara, Meikarta di Cikarang besutan konglomerat Lippo Group, James Riyadi segera dihentikan. Alasannya, proyek senilai Rp 278 triliun itu belum mengantongi izin resmi.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar di kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (2/8/2017). "Saya cek di Pemprov belum ada permohonan izin tapi sudah dipasarkan. Kami putuskan ini dihentikan sampai mereka mohon izin untuk rekomendasi," tegasnya.

Deddy menganggap Meikarta sebuah proyek ilegal tanpa mengantongi izin dari pemerintah setempat. "Saya tidak tahu, apakah polisi akan bertindak atau tidak. Yang jelas menjual barang ilegal itu adalah kriminal. Kan logikanya memasarkan barang ilegal, tidak ada izin, kriminal. Saya khawatir akan dikriminalisasi nantinya," katanya.

Deddy menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki Peraturan Daerah No 12 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat pertumbuhan di Jawa Barat. Ada 3 kota metropolitan yang direncanakan yaitu Bandung Raya, Cirebon Raya dan Bodekarpur (Bogor, Depok, Karawang, Purwakarta).

"Nah yang metropolitan butuh izin dari Pemprov baru bisa dibangun. Apalagi yang lintas kab/kota, yang satu kabupaten kota aja kalau berskala metropolitan itu harus ada rekomendasi Pemprov. Itu perencanaan seluruh kota enggak bisa parsial. Nah ini belum dilakukan. Saya cek kemarin di Bekasi juga belum ada permohonan izin," tambahnya.

Deddy mengatakan, proyek ini dihentikan sementara sampai ada permohonan izin dari pihak pengembang ke pemerintah provinsi Jabar. "Jadi dihentikan sementara, urus izin sebentar kok ini," tambahnya.

Deddy menyampaikan proyek kota metropolitan harus memenuhi 3 aspek yaitu pertama harus sesuai kewenangan, kedua harus sesuai prosedur dan ketiga harus sesuai dengan substansinya. kbc10

Bagikan artikel ini: