Pengguna Android dan iOS kini bisa cicipi emoji terbaru, apa itu?

Kamis, 27 Juli 2017 | 21:07 WIB ET

SEOUL, kabarbisnis.com: Emoji atau emoticon sudah menjadi bagian dalam hidup pengguna. Ketika Anda mengirimkan pesan lewat berbagai jenis aplikasi, tanpa emoji pesan tersebut terasa datar.

Bahkan emoji sendiri sudah menjadi pengganti kata-kata ketika mengirimkan sebuah pesan. Bulan lalu Unicode 10 telah merilis sebanyak 56 emoji atau emotikon terbaru.

Artinya akan ada 56 emoji untuk pengguna Android hingga mereka update ke versi OS terbaru. Emoji tersebut juga bisa dinikmati oleh pengguna iOS yang sudah meng-upgrade versi OS terbaru.

Tak perlu khawatir, pengembang Android sedang bekerja keras dalam membuat emoji baru yang bisa dinikmati oleh pengguna Android dengan versi Android 4.4 ke atas.

Dilansir Phonearena, Rabu (26/7/2017), setelah Android 8 dirilis pada akhir tahun ini, Google juga akan memperkenalkan sebuah perpustakaan pendukung baru yang diberi nama "EmojiCompat". Fitur baru tersebut dapat menambahkan Compatible fonts, di mana fitur tersebut dapat digunakan pada ponsel yang menunjukkan emoji terbaru.

Setelah EmojiCompat di rilis, fitur tersebut akan tergantung dengan pengembang aplikasi tersebut, apakan pengembang akan menambahkan fitur tersebut pada aplikasi mereka. Jika tidak maka pengguna akan kembali melihat emoji yang berbentuk kotak dan tanda silang di dalamnya.

Sekadar informasi, emoji menjadi bahasa paling sukses yang digunakan sepanjang sejarah. Emoji muncul secara spontan dan ditawarkan kepada seorang customer oleh operator handphone Jepang pada 1999.

Mereka coba menyebarkannya sampai Unicode terlibat pada 2010. Unicode memutuskan untuk membentuk teks singkat di komputer guna memastikan syarat dan simbol tersebut mirip, meskipun Anda belum sempat membacanya. kbc10

Bagikan artikel ini: