Lagi naik daun, game Mobile Legends dituduh jiplak game lain

Kamis, 27 Juli 2017 | 16:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Riot Games, pengembang game asal Amerika Serikat, melayangkan gugatan hukum tehadap Shanghai Moonton Technology terkait dugaan pelanggaran properti intelektual dan hak cipta di game Mobile Legends.

Riot games menuduh Shanghai Moonton Technology, yang mengembangkan game Mobile Legend, telah menjiplak beberapa konten dari game besutan mereka, League of legends.

Game Mobile Legend yang dikembangkan Shanghai Moonton Technology sendiri merupakan game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) berbasis Android dan iOS yang kini sedang naik daun. Game yang dirilis sejak 14 Juli 2016 ini kini memuncaki daftar game di Playstore Android dengan lebih dari 10 juta download.

Sedangkan game League of Legends merupakan game bergenre sama yang dikembangkan Riot games dan dirilis sejak 27 Oktober 2009 atau 7 tahun sebelum Mobile Legend dirilis. League of Legends dikembangkan khusus untuk dimainkan di komputer berbasis Windows maupun MacOS.

Total ada 7 pelanggaran hak cipta yang dituduhkan Riot games kepada Shanghai Moontoon Technology.

Ketujuh pelanggaran hak cipta tersebut adalah:

1. Menjiplak desain map

Dalam dokumen gugatannya, Riot menuliskan bahwa Mobile Legends melanggar desain peta atau map Summoner Rift yang digunakan di League of Legends. Kemiripan dikatakan terdapat di hampir semua detail pada map serta posisi dari berbagai properti unik yang ada di map tersebut.

2. Menjiplak desain minion

Riot mengklaim bahwa Moontoon telah menjiplak desain minion yang digunakan di game Mobile Legends. Minion yang dijiplak desainnya adalah tipe melee, caster, dan siege.

3. Menjiplak desain Nexus

Desain Nexus yang menjadi markas utama di League of Legends juga dikatakan dijiplak ke dalam Mobile Legends. Nexus berupa kristal merah dan biru besar yang melayang dapat ditemukan di masing-masing markas pemain.

4. Menjiplak desain monster unik

Beberapa monster unik yang ada di League of Legends juga dikatakan telah dijiplak ke dalam Mobile Legends. Salah satu yang diberitahu oleh Riot dalam dokumen gugatannya adalah Red Buff yang diklaim dijiplak sama persis.

5. Logo game mirip

Pihak Riot menganggap logo Mobile Legends yang digunakan saat ini sangat mirip dengan League of Legends. Kemiripan dapat dilihat dari penggunaan kata "Legends" dengan huruf "L" dan "S" yang lebih besar.

6. Banner mirip

Selain logo, Riot mengklaim Mobile Legends juga menggunakan desain banner yang sangat mirip. Salah satunya adalah banner "Victory" yang dikatakan memiliki desain font serupa.

7. Desain karakter sangat mirip

Pelanggaran properti intelektual juga diklaim Riot terjadi hingga desain karakter. Salah satu desain karakter League of Legends yang dianggap dijiplak Moontoon di Mobile Legends adalah Garet. kbc8

Bagikan artikel ini: