Gandeng BNI, PTPN XI siapkan dana Rp 70,3 miliar untuk program PKBL

Kamis, 13 Juli 2017 | 13:19 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com:  PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI berupaya meningkatkan taraf kesejahteraan petani tebu, salah satunya melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) dengan menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk menyiapkan dana sebesar Rp70,3 miliar.

Direktur Utama PTPN XI, M. Cholidi mengatakan pendanaan untuk usaha kecil petani tebu sangat dibutuhkan, di mana sampai saat ini masih banyak usaha kecil menengah yang tidak punya kesempatan untuk memperoleh akses kredit/permodalan. Ia mengatakan bahwa program kerja sama seperti ini bisa menutup celah, di mana mereka para petani bisa mendapatkan akses atau mungkin mereka yang tidak bankable tapi lewat PKBL bisa mengisinya.

“Melalui pendanaan yang disiapkan oleh BNI tersebut, usaha kecil menengah di sektor pertanian yang selama ini tidak tersentuh akan mendapatkan kemudahan dari BNI. Harapannya BNI bisa memproses kebutuhan petani tebu dengan cepat, tapi bukan asal cepat yang menimbulkan masalah di kemudian hari," ujar Cholidi seusai penandatanganan MoU PTPN XI dengan BNI, Surabaya, Rabu (12/7/2017).

Kepala Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI, Anton Siregar, menjelaskan program kemitraan berbeda dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena KUR memiliki persyaratan yang sangat khusus. Namun untuk kemitraan ada kebijakan yang dibuat agar serapan kredit perbankan bisa tinggi.

"KUR memang untuk rakyat yang bankable tapi visible, sedangkan petani kan visible tapi di sini bank memberikan relaksasi kerja sama dengan PTPN,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: