JK sebut industri otomotif dan perumahan jadi tolak ukur kemajuan negara

Rabu, 12 Juli 2017 | 07:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap dengan diresmikannya PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motor) bisa menjadi penggerak ekonomi Indonesia, khususnya di bidang otomotif. Menurutnya, kemajuan suatu negara bisa diukur melalui kemajuan industrinya, yakni industri otomotif dan industri perumahan.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh staf dan jajaran atas peresmian pabrik PT SGMW Motor Indonesia," kata JK di Pabrik PT SGMW Motor Indonesia, Cikarang, Selasa (11/7/2017).

"Suatu negara sering diukur kemajuannya dengan industri. Pertama industri mobil dan perumahan. Karena dua industri ini mempunyai multiplier efek yang sangat besar," imbuhnya.

Dia menambahkan, industri otomotif membutuhkan bahan baku dari berbagai industri seperti industri baja, plastik, karet, dan alumunium. Selain itu industri ini juga membutuhkan ratusan vendor-vendor yang mampu memberikan lapangan kerja yang sangat besar.

"Disamping itu juga distribusinya juga memerlukan banyak perusahaan, banyak karyawan, dan membutuhkan after sales service yang baik. Karena itu industri kendaraan mobil ini mempunyai dampak yang baik dan besar untuk suatu kemajuan industri di Indonesia," jelas JK.

Dengan diresmikannya Wuling Motor, maka masyarakat Indonesia bisa memiliki pilihan untuk mendapatkan kendaraan pribadi sesuai dengan selera. Mengingat, pabrik otomotif dari berbagai negara sudah berkembang pesat di Tanah Air. kbc10

Bagikan artikel ini: