Liburan telah usai, saatnya pelaku bisnis wisata berhitung pendapatan

Kamis, 6 Juli 2017 | 11:09 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Euforia lebaran telah usai. Berbagai tempat wisata pun sudah terlihat lenggang, tidak seperti pada minggu yang lalu, dimana pengunjung terlihat memenuhi di seluruh tempat wisata tanah air, tidak terkecuali di Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Laily Widya Arishandi mengatakan musim libur lebaran memang menjadi momen yang ditunggu pelaku bisnis wisata. Karena hampir seluruh masyarakat  menyempatkan diri untuk berlibur ke berbagai tempat wisata bersama seluruh keluarga mereka.

“Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada libur lebaran kemarin jumlah pengunjung di KBS juga mengalami peningkatan signiifkan. Ada sekitar 140 ribu wisatawan yang datang di KBS. Jumlah tersebut naik sebesar 40 ribu orang dibanding lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 100 ribu orang.

“Jumlah pengunjung libur Lebaran tersebut dihitung selama delapan hari, yakni mulai tanggal 25 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017,” ujar Laily di Surabaya, Kamis (6/7/2017).

Ia menjelaskan jumlah pengunjung pada libur Lebaran biasanya naik dua hingga enam kali lipat dibandingkan hari biasa, yakni dari 2.500 hingga 3.500 orang per hari menjadi 26 ribu wisatawan pada libur Lebaran.

Peningkatan kunjungan yang cukup besar di tahun ini menurutnya juga dipicu adanya penambahan wahana baru seperti "Animal Edutainment" dan "Kids Zoo" yang memanjakan pengunjung untuk menikmati libur Lebaran 2017. Animal Edutainment merupakan pertunjukan satwa yang sesuai dengan perilaku mereka sehari-hari dengan memperhatikan etik animal welfare. Misalnya, Beruang Madu yang mencari makanan favoritnya yaitu madu di pepohonan dengan menggunakan jari-jarinya.

“Puncak kepadatan pengunjung terjadi pada H+7 atau tujuh hari setelah Lebaran, dengan total wisatawan yang datang mencapai 26.843 orang, karena cuti bersama selama Lebaran telah berakhir,” katanya.

Banyaknya pengunjung saat lebaran kemarin pastinya juga mampu mendongkrak pendapatan KBS selama libur lebaran. Jika harga tiket masuk KBS mencapai Rp 15 ribu per orang dan jumlah pengunjung selama lebaran mencapai 140 ribu pengunjung, maka pendapatan KBS selama delapan hari libur lebaran kemarin mencapai sekitar Rp 2,1 miliar.kbc6

Bagikan artikel ini: