Hormati tradisi lepas balon udara, Kemenhub ubah rute penerbangan

Senin, 3 Juli 2017 | 11:02 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengubah rute penerbangan akibat tradisi melepas balon udara yang digelar warga Jawa Tengah. Penerbangan yang ada di koridor pantai utara Jawa, rencananya dialihkan ke rute yang mendekati pulau Kalimantan.

"Ini muter ke utara mendekati ke pulau kalimantan terus balik lagi. Kemudian, juga ke pantai selatan ini," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso dalam video conference yang disiarkan di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Minggu (2/7/2017).

Agus menuturkan, perubahan rute dilakukan untuk menjamin keselamatan penerbangan.  Hingga kini, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Kapolda Jawa Tengah dan Gubernur Jawa Tengah untuk memberi peringatan agar masyarakat tidak melepas balon ke udara.

"Penumpang di pesawat lebih aman. Kita sosialisasi ke masyarakat di Pekalongan atau Wonosobo agar tidak lepas balonnya. Ini agar bisa memberi keamanan bagi penumpang pesawat terbang. Semuanya itu, agar kita tetap bisa merayakan lebaran dengan penuh gembira," tutur Agus

Agus menambahkan, pihaknya tidak bisa melarang tradisi melepas balon tetapi untuk mengubah dengan cara ditambatkan, karena jika dilepas bebas di udara bisa membahayakan bagi penerbangan.

"Jika tradisi lepas balon itu dilepas di udara bebas hingga ketinggian mencapai 38 ribu hingga 40 ribu feet dari permukaan tanah, hal ini yang tidak diperbolehkan karena bisa mengganggu jalur penerbangan di Indonesia," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: