Mendag: Ada daerah yang naikkan harga daging sapi

Jum'at, 23 Juni 2017 | 13:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Daging sapi menjadi salah satu komoditas pangan yang harganya menjadi sorotan masyarakat setiap menjelang Lebaran.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pun mengakui masih ada daerah yang menaikkan harga daging sapi jelang Lebaran. Untungnya, pemerintah sigap langsung mengirimkan daging beku seharga Rp 80.000 per kilogram (Kg) untuk operasi pasar.

"Ada daerah yang naikkan harga daging, kita kirim beku mereka terpaksa turunkan harganya," ujar Enggar di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Dia mengklaim harga bahan pokok terkendali jelang hari H Lebaran 2017. Pengendalian harga akan terus dilakukan sesuai keinginan pemerintah hingga selesai bulan Ramadan. "Pasokannya cukup sekali dan perolehan harganya pun tidak berubah," katanya.

Enggar memastikan sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi, tidak ada cela untuk kenaikan harga bahan pokok pada Lebaran tahun ini.

"Memang berbeda dengan waktu sebelumnya. Mengenai pasokan dan harga bahan pokok sekali lagi, itu merupakan konsentrasi Bapak Presiden," tegasnya.

Enggar menambahkan terjadi peningkatan pada penjualan bahan pokok Lebaran tahun ini sebesar 30 persen. Penjualan tersebut diperkirakan masih akan terus meningkat hingga usai Lebaran.

"Kalau lihat dari sirkulasi Jumat-Sabtu-Minggu beberapa waktu lalu peningkatan penjualan diatas 30 persen bahkan di ayas 50 persen. Pasokan harus tersedia kembali, peaknya hari kamis. Daerah yang ada kekurangan dia sudah respon, kirim sampai dengan H+2, H+3," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: