Kini bayar bea dan cukai bisa via online

Jum'at, 26 Mei 2017 | 20:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Salah satu faktor penting yang memengaruhi penerimaan negara bersumber dari pajak adalah kepercayaan masyarakat. Karenanya, pemerintah berupaya menumbuhkan kepercayaan masyarakat agar semakin taat membayar pajak.

Salah satunya dengan kerjasama yang dilakukan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan menjalin kerjasama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Kerjasama itu guna menyediakan fasilitas pembayaran cukai dan biaya terkait kepabeanan secara online.

Dengan pembayaran melalui online, dia menilai mampu meminimalkan kekhawatiran masyarakat bahwa uang yang mereka bayarkan kepada negara tak diselewengkan.

"Ini juga memberikan keyakinan masyarakat bahwa dia bayar ke negara karena jelas uang yang dia setor masuk kas negara sebagaimana tertera di transaksi itu," kata Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Oleh karenanya, hal itu dapat meningkatkan good governance negara. Selain itu, dengan layanan pembayaran secara online melalui mini ATM yang disediakan Bank Mandiri, masyarakat juga jadi dapat melalukan transaksi kapan saja selama 24 jam.

"Dengan kita sediakan mini ATM ini maka anytime kita beroperasi 7 kali 24 jam," lanjutnya.

Dengan demikian, dirinya berharap, pihaknya mampu meningkatkan kapasitas Direktorat Jenderal Bea Cukai dalam menyerap penerimaan negara. "Layanan ini kita harap bisa tingkatkan kinerja kita baik dari Bea Cukai maupun Bank Mandiri sehingga memberi kemudahan," tambahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: