Produk PC dan laptop kian ditinggalkan, HP dan Lenovo bersaing jadi yang teratas

Rabu, 12 April 2017 | 19:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lembaga riset dan konsultasi Gartner, Inc melaporkan data market share dan penjualan laptop untuk awal tahun 2017. Serta membandingkannya dengan data awal tahun 2016 lalu. Enam penguasa laptop dunia menjadi sampel utama riset ini.

Adalah Lenovo, HP, Dell, Asus, Acer, dan Apple. Data di atas merupakan penjualan produk Desktop PC, Laptop, notebook, dan Ultrabook premium Windows seperti Microsoft Surface. Tablet tanpa kemampuan setingkat laptop seperti iPad dan Chromebook tidak diikutsertakan.

Ternyata, pasar penjualan PC dan laptop dunia semakin sepi dan cenderung menurun tiap tahun. Tahun 2015-2016 saja sudah turun 11.5 persen! Tahun ini memang lebih sedikit, yaitu 2.4 persen. Tetapi tetap saja, berarti pasar PC sudah ditinggalkan. Mungkin kecenderungannya nanti beralih ke tablet produktif.

Untuk perkembangan dari tiap vendor sendiri, pertumbuhannya kebanyakan positif selain Asus yang begitu drop, serta Acer yang mengalami sedikit penurunan.

Data membuktikan, HP menjadi yang pertumbuhannya paling besar di awal tahun ini. Walaupun dalam segi kuantitas masih sedikit kalah dari Lenovo, tetapi kenaikannya drastis! Bukan tak mungkin pada kuartal dua nanti, Lenovo akan benar-benar tertinggal.

Seperti diketahui, HP memang begitu kuat membranding diri di tahun lalu. Salah satunya dengan membuat laptop tertipis di dunia, HP Spectre. Barangkali inilah yang membuat konsumen semakin percaya dengan kemampuan HP. kbc10

Bagikan artikel ini: