ESDM sebut ada 5.037 izin tambang sudah kedaluwarsa

Rabu, 5 April 2017 | 09:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat saat ini ada 8.620 Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang terdaftar. Namun, sebanyak 5.037 IUP surat keputusannya (SK) sudah kedaluwarsa.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara, Bambang Gatot mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menentukan status kelanjutan izin tersebut.

"Kami akan berkirim surat ke gubernur menanyakan status apakah akan dilanjutkan atau tidak. Karena kewenangan ada di gubernur. Kedua, yang masih berkasus hukum akan kita tunggu inkraht," ujarnya di kantornya, Jakarta, Selasa (4/4).

Bambang merinci, IUP yang SK-nya sudah kedaluwarsa terdiri dari 3.081 IUP clean and clear (CnC) dan 1.956 non-CnC. Sementara, IUP yang SK-nya masih aktif, terdiri dari 2.977 yang CnC dan 606 non-CnC.

Pemerintah, lanjutnya, berusaha untuk segera menyelesaikan permasalahan ini sesuai amanat Peraturan Menteri nomor 43 tahun 2015. "Kita harus menyelesaikan semua meski masih ada beberapa permasalahan," tuturnya. kbc10

Bagikan artikel ini: